visitaaponce.com

Ketua Banggar Sebut Polusi Udara Jakarta Sangat Mencemaskan dan Memalukan

Ketua Banggar Sebut Polusi Udara Jakarta Sangat Mencemaskan dan Memalukan
Polusi udara Jakarta sebabkan kasus ISPA Balita meningkat(MI/Usman Iskandar)

BADAN Anggaran (Banggar) DPR RI menyoroti terkait kondisi Jakarta yang beberapa waktu terakhir ini dilanda oleh polusi udara. Polusi tersebut hingga membuat Jakarta dinobatkan sebagai kota berpolusi udara tertinggi di dunia.

Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah mengatakan, kondisi tersebut sangat mencemaskan sekaligus memalukan. Saking berpolusinya udara Jakarta dan sekitarnya, pemerintah sampai menggulirkan kebijakan Work From Home (WFH) seperti saat pandemi Covid-19 terjadi.

"Ini sangat mencemaskan dan memalukan, sudah sepekan lebih DKI Jakarta dan sekitarnya dikepung polusi udara kategori membahayakan warga. Bahkan, Jakarta dan sekitarnya dinobatkan sebagai kota paling berpolusi udara tertinggi di dunia," kata Said dalam rapat kerja (raker) bersama pemerintah, Selasa (29/8).

Baca juga: Polusi Udara Jakarta, 41 Ribu Balita Terkena ISPA

Ia menyebut, polusi udara Jakarta ini sangat memalukan dikarenakan saat ini pemerintah tengah menargetkan emisi net zero emission (NZE) pada 2050 dan bergabung dengan UNFCCC untuk pengurangan gas rumah kaca.

"Di atas kertas kita meratifikasi berbagai dokumen pengurangan emisi, bahkan dengan gagahnya kita menargetkan 2050 net zero emission. Tetapi, keindahan itu sirna, Jakarta malah menjadi kota paling berpolusi," ujarnya.

Baca juga: BMKG Sebut El Nino Bakal Berlanjut Sampai 2024, Berdampak pada Polusi Udara

Oleh karena itu, Said meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah tegas guna mengatasi persoalan polusi yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Harus kita lakukan bersama-sama buat kebijakan untuk mengatasi polusi ini. Banggar akan senantiasa memberikan dukungan penuh bagi agenda aksi tersebut, khususnya dalam kewenangan anggaran," tuturnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat