visitaaponce.com

Songsong Era Ekonomi Kreatif, NSC Bina Mahasiswa di Bidang Startup

Songsong Era Ekonomi Kreatif, NSC Bina Mahasiswa di Bidang Startup
Nusa Mandiri Startup Center (NSC) rutin memberikan pembinaan bisnis bagi mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha sukses di dunia startup.(Ist)

KAMPUS digital bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui lembaga Nusa Mandiri Startup Center (NSC) rutin memberikan pembinaan bisnis yang kokoh bagi mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha sukses di dunia startup guna menyongsong era ekonomi kreatif.

“Pendekatan pendidikan berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Kini, universitas tidak hanya bertugas memberikan pengetahuan teoritis, tapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang terus berkembang,” ungkap Kepala NSC Siti Nurlela melalui siaran persnya, Selasa (29/8).

Baca juga: Bantu Mahasiswa Relevan dengan Dunia Industri, SBM Indonesia Terapkan AI dalam Perkuliahan

Untuk itulah, terangnya, NSC menjadikan kewirausahaan sebagai fokus utama dengan tujuan membangun jiwa kreatif, inovatif, dan mandiri di kalangan mahasiswa.

“NSC juga memiliki program pembinaan berbasis kolaborasi. Ini penting untuk diakui bahwa kesuksesan dunia startup tak hanya bergantung pada ide brilian, tetapi juga pemahaman kuat tentang bisnis dan kemampuan mengelola tim serta sumber daya,” paparnya.

Ia menjelaskan NSC menyediakan program pembinaan yang komprehensif dan berbasis kolaborasi untuk mahasiswa yang ingin tertarik mengembangkan startup.

Baca juga: Kompetisi Jawara Muda Cetak Talenta Pemasaran Kreatif

Program-program tersebut mencakup antara lain pelatihan bisnis. Pada program ini, mahasiswa diberikan pelatihan dalam aspek-aspek penting bisnis seperti perencanaan strategis, manajemen operasional, keuangan, pemasaran, dan pengembangan produk.

Selanjutnya, sesi pembinaan. Para ahli industri dan praktisi berbagi pengalaman mereka melalui sesi pembinaan. Mahasiswa mendapatkan wawasan berharga tentang tantangan yang mungkin dihadapi dan cara mengatasinya.

Program lainnya, pengembangan keterampilan. Program ini fokus pada pengembangan keterampilan interpersonal, kepemimpinan, dan kerja tim dalam mengelola startup sukses.

Kemudian, akses ke jaringan. NSC akan menghubungkan mahasiswa dengan jaringan profesional yang luas, termasuk mentor, investor, dan mitra potensial. Ini membantu mahasiswa memperluas cakupan dan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Baca juga: Perguruan Tinggi Didorong Ciptakan Lingkungan Kampus yang Kreatif dan Inovatif

“Keberhasilan mahasiswa jadi prioritas utama kami dan tentu didukung seluruh civitas akademika, sebab kami percaya tiap mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi pengusaha sukses,” ungkap Siti Nurlela.

Dia menambahkan dengan bimbingan tepat dan dukungan kuat, NSC ingin membantu mahasiswa meraih mimpi dan menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

“Dukungan kampus digital bisnis UNM melalui NSC tak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan bisnis kompetitif, tapi juga berperan dalam membangun ekosistem startup yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia,” tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat