visitaaponce.com

Inilah Empat Tips Traveling ke Luar Negeri Bagi Pemula

Inilah Empat Tips Traveling ke Luar Negeri Bagi Pemula
Dokumen penting perjalanan ke luar negeri seperti paspor dan visa harus dipersiapkan jauh-jauh hari.(Antara)

UNTUK mendapatkan suasana liburan yang berbeda dari biasanya, sebagian orang memilih melakukan kunjungan wisata ke luar negeri.

Apalagi berwisata ke mancanegara dipastikan bisa memperkaya pengalaman dan wawasan dari negara yang dikunjungi.

Berada di negara lain, Anda akan melihat dan menyaksikan budaya yang baru dan juga akan merasakan menjadi citizens of the world.

Yang pasti persiapan melakukan perjalanan ke luar negeri akan berbeda dengan saat liburan di dalam negeri.  

Baca juga: Panduan Sebelum Berlibur ke Tempat Wisata di Korea Selatan   

Selain aspek biaya, Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan visa yang memerlukan pengurusan jauh sebelum tanggal keberangkatan.

Berikut ini beberapa tips traveling ke luar negeri yang bisa membuat Anda lebih siap dan terhindar dari segala hal yang persoalan yang ditemui saat kunjungan ke luar negeri.

Berikut ini hal yang harus dipersiapkan sebelum bertolak ke mancanegara.

Urus Dokumen dari Jauh-jauh Hari

Berbeda denga Anda yang hendak melakukan perjalanan atau liburan di dalam negeri. Saat hendak ke luar negeri,  ada beberapa dokumen yang perlu kamu urus kalau mau jalan-jalan ke luar negeri.

Yang paling penting adalah memiliki paspor, karena itu syarat wajib untuk bisa masuk negara lain. Tapi, di beberapa tempat, mungkin juga harus dilengkapi visa supaya bisa diizinkan masuk ke suatu negara.

Baca juga: Tiga Travel Influencer Bagikan Tips Liburan Hemat di Genting Malaysia

Perlu diketahui bahwa membuat paspor dan visa ini tak bisa mendadak, harus melewati proses dan tidak bisa selesai seketika. Sebaiknya, Anda mengurus semua dokumen ini dari jauh-jauh hari, minimal 3 bulan sebelum kamu berangkat.

Gabung Group Tour

Bergabung dengan group tour disarankan sekali aga Anda tak perlu memikirkan itinerary-nya bagaimana. Tapi pastikan riset mendalam group tour yang ingin pilih.

Jangan sampai begitu sudah jalan bareng, Anda justru menemui hal yang tak sesuai sama ekspektasi Anda dan rekan. Pastikan juga Anda memilih travel agent yang terpercaya juga.

Persiapkan Urusan Finansial dengan Benar

Menyiapkan bujet itu satu hal. Tetapi memastikan mata uang negara dan bagaimana Anda akan bertransaksi selama di negara tujuan juga mesti dipersiapkan.

Baca juga: Inilah Empat Spot Paling Estetik dan Menarik di Kuala Lumpur

Sebelum berangkat, Anda bisa mengunjungi bank untuk memastikan bahwa rekening yang dimiliki bisa dipakai di negara lain. Kemudian kamu bisa menukarkan sedikit uang sesuai dengan mata uang negara tujuan untuk pegangan cash di money changer atau bank setempat.

Cari Promo Hemat Penerbangan Bolak-Balik

"Yang namanya traveling ke luar negeri, anti banget deh yang namanya beli tiket dadakan. Makanya mending langsung pesan tiket pulang-pergi (PP) sebelum berangkat," kata Head of Marketing airasia Superapp Indonesia, Boni Andika, dalam keterangan, Minggu (10/9)

"Apalagi beberapa negara yang memiliki peraturan imigrasi yang ketat menjadikan pembelian tiket jadi hal yang wajib saat mengajukan visa," ucap Boni.

Baca juga: Sambut Liburan Akhir Tahun Ke Luar Negeri, Dua Perusahaan Kolaborasi

"Sekarang terbang bolak-balik ke luar negeri makin hemat karena ada potongan 10% dari Indonesia AirAsia (QZ)! Diskon berlaku untuk penerbangan ke luar negeri dengan kode penerbangan dari dan ke Indonesia," jelasnya.

"Mulai dari Jakarta, Medan, Bali dan Surabaya, terbang bolak-balik ke luar negeri sekarang makin hemat dengan AirAsia! Fyi nih, diskon 10% baru bisa kamu dapatkan untuk perjalanan pulang dari luar negeri ke Indonesia, ya," tutur Boni. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat