visitaaponce.com

Festival Like Ajang untuk Sampaikan Capaian Kinerja KLHK ke Publik

Festival Like Ajang untuk Sampaikan Capaian Kinerja KLHK ke Publik
Pengumuman Festival LIKE(Antara/Sugiharto Purnama)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyelenggarakan Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta pada 16 -18 September 2023.

Festival LIKE ini juga merupakan rangkaian Road to COP 28 UNFCCC, yang akan dilangsungkan di Dubai, Uni Emirat Arab, akhir November nanti.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) KLHK Agus Justianto mengungkapkan, Festival Like imenjadi momentum khsusunya KLHK untuk menyampaikan hasil-hasil dari program kegiatan dan kebijakan di bidang LHK dan termasuk juga tambahan dari energi baru terbarukan.

Baca juga : KLHK Rehabilitasi 108 DAS Kritis untuk Atasi Masalah Krisis Air 

“Ini merupakan pesan kepada publik bahwa langkah korektif dari pemerintah ini sudah berhasil karena pemerintah sudah melibatkan masyarakat hingga di tingkat tapak terutama dalam pengelolana LHK serta pengendalian dampak perubahan iklim,” kata Agus di Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).

Pesan lain yang akan disampaikan ialah adalah aksi kroektif yang berpihak pada masyrakat dan telah diambil pemeritah khususnya di bidang LHK dan pengendalian dampak perubahan iklim.

Baca juga : 8 Kawasan Hutan Adat Mukim Aceh Resmi Diakui Negara

“Tujuannya mendukung kesejahteraan masyarakat yang selaras dengan upaya adaptasi mitigasi perubahan iklim dan membuat kebijakan langkah korektif itu bisa disampaikan pada publik menyangkut keberpihakan masyaakat dan pengelolaan kawsan hutan lestari serta partisipasi masyarakat dalam kerja-kerja lingkungan,” pungkas dia.

Festival Like yang diadakan selama tiga hari melalui kegiatan-kegiatan yang diatur dalam empat tematik materi, yaitu Komitmen Energi Baru Terbarukan, pada Zona Biru, Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, pada Zona Hijau, Inovasi Pemulihan Lingkungan, pada Zona Kuning dan Masyarakat Sejahtera Alam Lestari, pada Zona Ungu.

Pada masing-masing zona berisi berbagai kegiatan, seperti Talkshow, Coaching Clinic, Seller Meet Buyers, Demo inovasi, Pertunjukan Seni Budaya dan Musik, serta Perlombaan. Festival LIKE rencananya akan dihadiri oleh ribuan Petani Perhutanan Sosial dari seluruh Indonesia yang telah mendapatkan izin alokasi lahan perhutanan sosial dari Presiden Joko Widodo, sebagai wujud pemerataan ekonomi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat