visitaaponce.com

Puluhan UMKM Batik Binaan Grup MIND ID SuksesGo Internasional

Puluhan UMKM Batik Binaan Grup MIND ID Sukses Go Internasional
Produk UMKM batik binaan PT Antam Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Kolaka berhasil memproduksi kain tenun batik Sangia Mekongga.(Ist)

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus berusaha mendukung kelestarian batik Nusantara.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik binaan anggota MIND ID yang berhasil menjual produknya di pasar lokal dan internasional.

Sekretaris MIND ID Heri Yusuf mengatakan anggota MIND ID akan terus memberikan yang terbaik dalam memajukan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui dukungan untuk para pengrajin batik.

Baca juga: Yuk, Intip Pesona Busana Batik Para Selebritas di Istana Berbatik 2023

"Grup MIND ID memberikan dukungan penuh untuk para pengrajin batik di sekitar wilayah perusahaan untuk memajukan perekonomian masyarakat," kata Heri Yusuf dalam keterangan, Selasa (3/10).

Heri Yusuf menyebut ada puluhan UMKM batik yang berhasil menjadi mitra binaan anggota MIND ID, di antaranya bahkan berhasil memasarkan batik hingga kancah internasional.

Contohnya, produk UMKM batik binaan PT Antam Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Kolaka yang berhasil memproduksi kain tenun batik Sangia Mekongga.

Baca juga: Tiga Anggota MIND ID Grup Raih Penghargaan Subroto Award 2023

Melalui mitra binaan UMKM miliknya PT Antam mengajak masyarakat lokal di Kolaka untuk memproduksi kain batik dan tenun khas kearifan lokal. Produksi kain batik dan tenun ini tidak hanya untuk menggerakan perekonomian masyarakat sekitar perusahaan.

Lestarikan Budaya Masyarakat Lokal

Namun juga sebagai bentuk upaya PT Antam untuk melestarikan budaya masyarakat setempat, yakni peninggalan budaya Kerajaan Mekongga. Dalam kesempatan lain, UMKM batik mitra binaan PT Antam mengikuti Pasar Senggol Turkiye pada September 2023 lalu. 

PT Antam Tbk membawa UMKM batik mitra binaannya untuk memperkenalkan batik kepada masyarakat Turki.

Keikutsertaan UMKM batik mitra binaan PT Antam Tbk dalam ajang internasional ini menjadi pintu pembuka untuk meningkatkan daya saing produk serta menambah relasi dan kesempatan pasar baru.

Baca juga: Peringati Hari Batik Nasional, APPBI DKI Jakarta Gelar Fashion Show Batik Antar Mal

Serupa dengan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui mitra binaan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) juga berhasil membina pengrajin batik yang diisi oleh ibu-ibu rumah tangga di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. SIBA menghasilkan produk batik lokal khas masyarakat Tanjung Enim bernama batik kujur.

Batik kujur memberikan ciri khas batik Tanjung Enim dengan motif kearifan lokal, seperti coretan kopi, rumah tengkiang, kujur, dan bunga tanjung. Sementara kujur merupakan senjata tradisional berbentuk tombak peninggalan nenek moyang masyarakat Tanjung Enim. 

Batik Kujur Ramah Lingkungan

Ada beragam produk yang dihasilkan SIBA batik kujur, di antaranya batik kujur ramah lingkungan dibuat menggunakan bahan pewarna alami hasil pengolahan tanaman endemik.

Selain menjual produk lembaran kain batik, pengrajin pun berinovasi menciptakan produk turunan kain batik seperti baju, topi, kipas, dompet, tas, hingga masker. 

Baca juga: Pikat Kaum Muda, Batik Concept Hadirkan Koleksi Bernuansa Modern 

PTBA memfasilitasi 12 kelompok SIBA batik kujur melalui penyediaan Gerai Batik Kujur di area SIBA Center. PTBA pun menyediakan sarana prasarana yang diperuntukkan 35 pengrajin batik sebagai salah satu sarana penunjang produksi batik kujur. 

Sarana prasarana tersebut berupa rumah produksi batik kujur yang berlokasi di Dusun Tanjung. Adanya rumah produksi tersebut diharapkan dapat menunjang para pengrajin batik kujur dalam menuangkan gagasan, sehingga dapat terus berinovasi dalam menghasilkan produk turunan batik kajur. 

Anggota MIND ID PTBA juga mengikutsertakan batik kujur dalam berbagai ajang agar batik kujur dikenal khalayak luas baik secara lokal maupun internasional.

Ajang itu di antaranya, batik kujur diikutsertakan dalam acara New York Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan di Pier 36 Cruise Ship 299, South Street New York, Amerika Serikat, pada Februari 2023. 

Anggota MIND ID PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga berhasil memberdayakan produk lokal seperti batik mangrove di Kabupaten Batubara. PT Inalum melakukan pembinaan berkelanjutan untuk kelompok ibu-ibu di pesisir Kabupaten Batubara.

Bersama masyarakat lokal, PT Inalum berhasil membuat batik lokal dengan memanfaatkan mangrove sebagai pewarna alami. Tidak hanya itu, UMKM batik mitra binaan PT Inalum juga berhasil mengembangkan potensi mangrove sebagai produk turunan berdaya saing.

Baca juga: Anak Muda Bisa Berkontribusi Bantu Pelestarian Batik

PT Inalum melalui UMKM mitra binaannya juga berhasil dapat mengedukasi masyarakat lokal untuk memaksimalkan potensi mangrove. Sekaligus melestarikan batik sebagai budaya masyarakat lokal. 

Tidak ketinggalan, anggota MIND ID PT Timah Tbk juga berhasil mengembangkan UMKM batik lokal di Bangka Belitung. UMKM batik mitra binaan PT Timah Tbk berhasil memproduksi berbagai jenis batik seperti batik tulis, batik cap, batik kombinasi, dan kain cetak bermotif batik.

UMKM batik mitra binaan PT Timah Tbk juga berhasil menciptakan motif atau corak batik khas Bangka Belitung. Bahkan, batik dengan corak khas Bangka Belitung ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bangka yang laris diburu wisatawan.

Tidak hanya memberikan modal melalui program mitra binaan, PT Timah Tbk juga selalu memberikan dukungan dan membantu memasarkan produk-produk unggulan di berbagai kesempatan sejak 2019 lalu. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat