visitaaponce.com

Sebagian Kota di Indonesia Alami Angin Kencang

Sebagian Kota di Indonesia Alami Angin Kencang
Ilustrasi - BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia, Rabu (11/10), mengalami angin kencang dengan kekuatan 5-10 km per jam.(MI/Amir)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia, Rabu (11/10), mengalami angin kencang. Angin berkekuatan 5-10 kilometer per jam itu akan bergerak dari arah tenggara ke selatan. 

Kawasan yang diperkirakan mengalami angin kencang di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Barat. 

Suhu udara di beberapa kota besar di Indonesia juga berkisar 20 hingga 36 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar 35% hingga 100%.

Baca juga: Hujan Ringan Mulai Turun, Tapi Kekeringan di Pantura, Jawa Tengah, Meningkat

BMKG meghimbau masyarakat akan potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai dari dua setengah hingga empat meter yang terdapat pada Samudera Hindia Barat, Lampung hingga Samudera Hindia Selatan, NTB dan Samudera Pasifik Utara, Papua Barat. 

Untuk wilayah Palembang, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung, BMKG memperingatkan waspada kebakaran pada tingkat lapisan atas permukaan tanah. Peringatan serupa juga berlaku untuk sebagian besar pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, dan sebagian besar pada pulau Kalimantan, kecuali Kalimantan Utara masih berada pada kategori aman dari hal tersebut. 

Baca juga: Daerah di Pantura Jawa Tengah Tetapkan Darurat Kekeringan

Masyarakat yang berada pada wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua barat, dan Papua Selatan dihimbau untuk menghindari segala aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. 

Sejumlah wilaya di Indonesia, diprakirakan BMKG berpotensi mengalami hujan. Beberapa kota besar pada pulau Sumatra akan terjadi hujan dengan beragam intensitas mulai dari ringan, sedang, hingga hipotensi hujan petir. Seperti Pekanbaru (23-30 derajat celcius), Tanjung Pinang (25-32 derajat celcius), Jambi (24-33 derajat celcius), dan Bengkulu (23-31 derajat celcius). Sedangkan pada kota Pangkal pinang cerah berawan (24-35 derajat celcius), dan Palembang umumnya berasap (24-35 derajat celcius).

Terdapat juga yang memiliki intensitas sedang pada pulau Sumatra, yakni Medan (23-33 derajat celcius), Bandar Lampung (23-31 derajat celcius). Dan masyarakat yang berada di pulau Sumatra diharapkan selalu waspada akan hipotensi hujan petir yang akan terjadi hari ini, yakni Padang (23-30 derajat celcius), Banda Aceh (24-30 derajat celcius).

Cuaca di Pulau Jawa, menurut BMKG, cenderung cerah dan berawan. Beberapa kota berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Kota Bandung (20-36 derajat celcius) dan Jakarta (26-31 derajat celcius) berpotensi akan turun hujan dengan intensitas ringan, sedangkan kota Serang (24-33 derajat celcius) akan diprediksi turun hujan dengan intensitas sedang. 

Terdapat tiga kota besar yang masih berada pada pulau Jawa diprediksi BMKG akan cerah, berawan, dan cerah berawan. Pada kota Surabaya (25-34 derajat celcius) cuaca untuk hari ini akan cerah, untuk kota Semarang (26-36 derajat celcius) akan terjadi cerah berawan, sedangkan Yogyakarta (23-33 derajat celcius) akan berawan.

Pada pulau Bali dan Nusa Tenggara umumnya cerah berawan, yakni Denpasar (25-33 derajat celcius) dan Mataram (24-33 derajat celcius) sedangkan Kupang (23-34 derajat) umumnya akan berawan pada hari ini. 

Sedangkan di Kalimantan, BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas ringan, berawan, hingga berasap. Kota Tanjung Selor (24-33 derajat celcius) dan Pontianak (23-33 derajat celcius) akan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada hari ini. Pada kota Samarinda (24-32 derajat celcius) umumnya berawan, sedangkan kota Palangkaraya (24-34 derajat celcius) dan Banjarmasin (25-35 derajat celcius) umumnya berasap. 

Pada kota-kota besar Sulawesi secara umum diprakirakan kondisi cuaca cerah dan berawan, yakni Manado (23-33 derajat celcius), Gorontalo (23-33 derajat celcius), Palu (21-34 derajat celcius), Kendari, Makassar (25-35 derajat celcius). Sedangkan pada Kota Mamuju (26-32 derajat celcius) diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan. 

Untuk bagian wilayah kota-kota besar pada daerah Timur, yakni Ternate (25-33 derajat celcius) dan Ambon (24-30 derajat celcius) umumnya cerah berawan hingga berawan. 

Sedangkan Manokwari (24-32 derajat celcius) berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan Jayapura (23-31 derajat celcius) akan hujan dengan intensitas sedang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat