visitaaponce.com

Penjelasan Indra Penikmat Cabang Seni Musik Manusia

Penjelasan Indra Penikmat Cabang Seni Musik Manusia
Ilustrasi - Indra pendengaran(Freepik)

TAHUKAH kamu, indra penikmat dalam cabang seni musik manusia yaitu telinga. Seni musik memang sering menemani hari-hari , apalagi saat ini sudah banyak layanan yang membantu orang untuk mendengarkan musik. 

Seperti yang disebutkan, indra penikmat cabang seni musik adalah telinga. Lantas, apa saja fungsi indra tersebut selain untuk mendengarkan musik? Simak ulasannya di bawah ini.

Indra Penikmat Cabang Seni Musik pada Manusia

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Sebelum beralih ke fungsi telinga, mari ketahui dahulu struktur telinga. Berdasarkan buku IPA Terpadu (Biologi, Kimia, Fisika) oleh Djoko Arisworo dan Yusa (2018: 67), telinga tersusun atas telinga bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam. Berikut penjelasannya:

  • Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, saluran telinga, dan selaput gendang atau membran timpani.
  • Telinga bagian tengah terdapat tiga macam tulang, yaitu tulang martil (malleus), tulang landasan (incus), dan tulang sanggudi (stapes). 
  • Telinga bagian dalam terdiri atas bagian rumah siput (koklea) dan tiga saluran setengah lingkaran.

Baca juga: Polusi Udara Ternyata Juga Berdampak pada Kesehatan Mata dan Telinga

Keberadaan organ tubuh telinga memang sangat penting, karena ia juga mempunyai fungsi yang penting pula. Fungsi telinga bagi manusia yang utama adalah untuk mendengar suara, seperti mendengarkan musik.

Cara suara agar bisa didengar adalah dengan masuknya gelombang melalui daun telinga ke gendang telinga. Lalu, gendang telinga akan bergetar sehingga suara merambat ke tiga tulang kecil pada telinga tengah. 

Gerakan ini pada akhirnya menyebabkan getaran pada cairan dalam koklea dan diterima organ Corti. Rambut-rambut kecil pada organ Corti akan mengubah suara menjadi sinyal listrik lalu dikirim ke otak melalui syaraf pendengaran.

Lalu, fungsi telinga selain mendengar adalah sebagai penyeimbang tubuh. Hal ini disebabkan karena telinga dalam memiliki cairan. Pergerakan cairan inilah yang akhirnya membantu untuk mengirimkan pesan agar otak tetap menyeimbangkan tubuh.

Suara musik yang diterima oleh telinga manusia, seperti lagu, terdiri atas unsur-unsur musik. Dikutip dari Sejarah Musik dan Apresiasi Seni oleh Sila Widhyatama (2012: 2), unsur-unsur musik adalah suatu satu-kesatuan yang secara bersama membentuk suatu lagu atau komposisi musik. 

Unsur musik 

1. Melodi

Melodi adalah rangkaian nada atau bunyi yang dibedakan berdasarkan tinggi rendah atau naik turunnya suara. Rangkaiannya terdiri dari durasi, pitch, dan tone. Pitch dilambangkan dengan alfabet A-G yang mengatur serangkaian not, sedangkan tone adalah warna suara.

2. Ritme (Irama)

Unsur berikutnya adalah ritme atau irama. Ritme merupakan gerakan teratur yang mengalir atau bisa juga dijelaskan sebagai aliran ketukan yang mengatur variasi gerak melodi.

3. Birama

Bila sebelumnya adalah aliran ketukan, birama merupakan ketukan itu sendiri yang diterapkan berulang-ulang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama ditulis dalam angka pecahan, seperti 2/4, 3/4, atau 2/3. Angka sebelum garis miring adalah angka pembilang yang menunjukkan jumlah ketukan, sedangkan angka setelah garis miring adalah angka penyebut yang menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan.

4. Harmoni

Unsur musik selanjutnya adalah harmoni, yaitu segala hal yang berkaitan dengan keselarasan bunyi. Harmoni memiliki unsur peranan, susunan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk secara keseluruhan.

5. Tempo

Tempo adalah cepat lambatnya gerak musik atau ukuran cepatnya birama lagu. Tanda tempo terbagi menjadi tempo lambat, sedang, cepat, dan tempo perubahan. Beat adalah ukuran untuk menentukan tempo, sebagai seberapa banyaknya ketukan dasar dalam 1 menit.

6. Dinamik

Dinamik yaitu keras lembutnya lagu serta perubahannya. Dinamik terbagi menjadi dinamik lembut, sedang, dan keras yang di dalamnya memiliki level-level tertentu. Salam seni musik, dinamik atau dinamika biasanya akan memainkan perasaan pemusik atau pendengarnya untuk masuk ke dalam musik yang sedang didengarnya.

7. Tangga Nada

Tangga nada merupakan urutan deret yang yang disusun berjenjang, di mana antara nada satu dengan lain memiliki jarak tertentu. Contoh, kalau kita suarakan itu seperti do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Nah, itu artinya kita menyuarakan urutan nada dari nada rendah ke nada tinggi.

8. Timbre

Timbre yaitu warna bunyi atau kualitas bunyi sebagai pembeda kesan musik. Timbre dari suatu alat musik akan dipengaruhi oleh cara bergetar dan sumber suaranya.

9. Notasi

Notasi adalah unsur seni musik yang membentuk lagu. Notasi terdiri dari notasi angka dan notasi balok (simbol tinggi rendahnya suara yang bentuknya gambar).

(Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat