visitaaponce.com

Cerdas Tarumajaya dari Kabupaten Bandung RaihDua Penghargaan KIM Festival 2023

KELOMPOK Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Desa Tarumajaya dari Kabupaten Bandung berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi tingkat nasional pada puncak perayaan KIM Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Sabtu (28/10) di Kota Surabaya, Jawa Timur.

KIM Cerdas Tarumajaya terpilih sebagai KIM Terbaik tingkat nasional kategori Pertanian dan Perkebunan sekaligus menjadi KIM Favorit pada ajang bergengsi tersebut.

Proses penilaian ini telah berjalan selama 3 (tiga) bulan lalu, dimulai dari penilaian administratif, penilaian kinerja melalui video, paparan langsung kinerja KIM dan penilaian tampilan produk kinerja pada ajang festival. 

Baca juga: Wakili Jateng, KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Dinobatkan Terbaik di Bidang UMKM

Pada Festival KIM tingkat nasional tahun 2023 ini ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu bidang UMKM, pariwisata, serta pertanian dan perkebunan.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong yang memberikan langsung penghargaan tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada para pegiat KIM.

"Malam Apresiasi bagi para pegiat KIM ini adalah yang pertama kali kolaborasi antara Kemenkominfo dan Diskominfo Kabupaten/Kota untuk menunjukkan kemampuan mereka. Kategori penilaian KIM tahun ini memang masih terbatas, tapi mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lagi kategorinya,” tuturnya.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Tantangan Terbesar Personel Humas Pemerintah

Usman berharap agar kategori apresiasi yang diberikan Kemenkominfo tahun ini bisa memajukan semangat KIM dalam menyebarkanluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Meskipun KIM Festival baru diadakan beberapa kali, saya sangat bangga karena KIM yang ikut berkompetisi tahun ini kualitasnya semakin meningkat," ucap Usman.

Apresiasi Bisa Tingkatkan Kemampuan Pegiat KIM

"Mudah-mudahan ke depannya juga ada apresiasi yang lebih nyata lagi untuk meningkatkan kemampuan pegiat KIM, misalnya diperbolehkan magang di Kemenkominfo selama satu minggu full dibiayai oleh kami atau diperbolehkan mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS)," tambah Usman.

Hasil penilaian dewan juri menunjukkan bahwa KIM Cerdas Tarumajaya unggul sebagai juara sebab mampu memberdayakan masyarakat di desanya melalui penyebaran informasi yang akurat dan positif sehingga mampu mengolah sumber daya alam yang dimiliki desanya dan menghasilkan nilai tambah ekonomi.

Baca juga: Upaya Kominfo Ubah Mindset Masyarakat Soal Stunting dan Kemiskinan

Desa Tarumajaya yang mulanya tidak begitu dikenal luas khususnya oleh masyarakat Kabupaten Bandung, kini mampu menjadi desa wisata melalui usaha promosi dan penyebarluasan informasi oleh KIM Cerdas Tarumajaya.

Selain mempromosikan keindahan alam di desanya, pegiat KIM Cerdas Tarumajaya juga memberikan edukasi kepada para pemuda desa terkait cara menanam serta mengolah biji kopi yang selama ini tumbuh subur di wilayah tersebut, sehingga mereka tidak hanya mampu menanam kopi dengan baik, tetapi juga mampu mengolah biji kopi sehingga dapat menyajikan segelas kopi bercita rasa tinggi.

Terkait prestasi ini, Bupati Bandung, Dadang Supriatna menyatakan kebanggaannya terhadap KIM Cerdas Desa Tarumajaya yang telah mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang bergengsi tersebut.

Baca juga: Aspek Digital Bisa Maksimalkan Sektor Pariwisata di Tanjungpinang

"Saya merasa senang dan bangga kepada para pegiat KIM dari Desa Tarumajaya yang telah bekerja keras membawa Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional ini," ungkapnya.

Tak lupa ia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung keikutsertaan KIM Cerdas Tarumajaya, sehingga meraih prestasi di tingkat nasional. Dadang juga berharap agar KIM bisa terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, khususnya di desanya masing-masing.

“Saya harap ke depan kita akan mampu menggali, menumbuhkan, dan mengembangkan KIM di seluruh desa di Kabupaten Bandung agar mereka bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan, khususnya di desa masing-masing. Kalau aktivitas pembangunan desa terjadi secara terus-menerus maka akan mendukung indeks pembangunan daerah juga secara keseluruhan,” jelasnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat