visitaaponce.com

Kenali Sejarah dan Makna Hari Kebebasan Sedunia

Kenali Sejarah dan Makna Hari Kebebasan Sedunia
Ilustrasi(AFP)

Hari ini, Kamis (9/11), dunia memperingati Hari Kebebasan Sedunia yang memiliki arti monumental sebagai peringatan runtuhnya Tembok Berlin pada 1989. Peristiwa tersebut tidak hanya menggambarkan akhir dari pembatasan fisik antara Jerman Barat dan Timur, tetapi juga simbol kebangkitan demokrasi serta kejatuhan rezim komunis di Eropa Timur dan Tengah.

Peristiwa Bersejarah Runtuhnya Tembok Berlin

Lebih dari tiga dekade yang lalu, pada 9 November 1989, masyarakat Berlin Timur, dalam semangat keinginan akan kebebasan, memanjat dan meruntuhkan Tembok Berlin. Hancurnya tembok penghalang itu membuka jalan bagi ribuan orang untuk bersatu kembali setelah bertahun-tahun terpisah oleh pembagian ideologi Perang Dingin. Jerman pun bersatu kembali sebagai satu entitas.

Makna Hari Kebebasan Sedunia

Peringatan Hari Kebebasan Sedunia pada tahun 2023 tidak hanya untuk menghormati sejarah tersebut, tetapi juga memanggil kita untuk menghargai nilai kebebasan. Ini adalah momen yang mengingatkan kita tentang arti penting demokrasi, hak asasi manusia, dan kesempatan setiap individu untuk hidup bebas dari batasan ideologis yang merugikan.

Baca juga: Rakyat Filipina Peringati 37 Tahun Tergulingnya Ferdinand Marcos

Cara Memperingati Hari Kebebasan Sedunia 2023

Untuk merayakan dan memperingati Hari Kebebasan Sedunia, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

- Berpartisipasi dalam Kampanye atau Rapat Umum: Bergabung dalam demonstrasi, kampanye, atau acara yang memperingati kemenangan atas pembatasan ideologi, serta memperjuangkan nilai-nilai kebebasan.

- Menelusuri Kisah Tokoh dan Peristiwa Bersejarah: Memahami perjuangan tokoh penting seperti Ronald Reagan yang memainkan peran kunci dalam mengakhiri praktik komunisme untuk menguatkan semangat kemerdekaan.

- Memahami Hak dan Kewajiban: Pentingnya memahami hak-hak pribadi serta kewajiban dalam suatu sistem hukum guna meningkatkan kesadaran akan arti sebenarnya dari kebebasan.

Baca juga: Ketua BKSAP Ajak Anggota Parlemen Dukung Draf ‘Emergency Item’ Qatar

Hari Kebebasan Sedunia adalah saat yang tepat untuk merefleksikan perjalanan sejarah yang menandai kemenangan atas pembatasan ideologi, dan untuk memperjuangkan nilai-nilai kebebasan serta demokrasi yang menjadi hak setiap individu di seluruh dunia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat