visitaaponce.com

Viral Menu Cegah Stunting Tak Layak di Depok, Menko PMK Jangan Main-main Soal Anggaran PMT

Viral Menu Cegah Stunting Tak Layak di Depok, Menko PMK: Jangan Main-main Soal Anggaran PMT!
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (kiri).(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ingatkan kepada kepala daerah agar tidak main-main terhadap anggaran Program Makanan Tambahan (PMT) stunting atau tengkes.

"Saya mohon tak hanya di daerah tertentu, tapi di seluruh pejabat tak main-main menggunakan anggaran terutama APBD dan ada dana desa. Itu bisa digunakan bersama. Jadi dana daerah dan dana desa bisa digunakan bersama-sama," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (20/11).

Baca juga: Viral Menu Tahu Stunting di Depok, Kejaksaan Diminta Awasi 38 Puskesmas

Hal itu menyusul setelah viralnya menu makanan PMT di Kota Depok Kecamatan Tapos yang dinilai tidak layak dan kurang bergizi. Adapun menu yang membuat gaduh masyarakat tersebut hanya terdiri dari nasi, kuah sup, dan tahu kukus.

"Lebih baik berikan dia gizinya melimpah daripada tadi itu, ternyata tak penuhi standar yang ditetapkan. Memang kita belum tetapkan patokan secara pasti, dan menurut saya tak perlu," ujar dia.

Baca juga: Kemenkes Sebut Pemberian Makanan Tambahan Dari Buku Pink Sudah Sangat Bagus

Menurutnya perlu didorong makanan tambahan berbasis kearifan lokal yang tersedia di sekeliling daerah tersebut sehingga tidak memaksakan untuk menyajikan makanan yang jadinya membebani pembiayaan.

"Bisa serahkan saja ke masing-masing kelurahan. Misal di sana banyak orang punya ayam, kan bisa dibeli itu, dari pada yang ga kerja itu kan bisa diberi dana pinjaman dana desa pelihara ayam, nanti telur dan daging bisa digunakan asupan gizi bagi anak dan ibu yang sedang hamil," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat