visitaaponce.com

Golkar Institute Sukses Gelar Kompetisi Video Bertema Lingkungan

Golkar Institute Sukses Gelar Kompetisi Video Bertema Lingkungan
Para pemenang kompetisi video bertema lingkungan yang digelar Golkar Institute, Rabu (22/11) malam.(Ist)

MALAM Anugerah Golkar Institute Environment Video Competition yang digelar di Amphitheater DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (22/11) malam, berlangsung sukses.

Acara dihadiri oleh para peserta dan pemenang kompetisi video bertema lingkungan yang digelar Golkar Institute, legislator, dan eksekutif muda dari Partai Golkar, serta para ratusan Alumni Executive Education Program For Young Political Leaders. Kegiatan ini juga disaksikan secara virtual melalui Zoom dan kanal Youtube Golkar Institute (GI).

Golkar Institute Environment Video Competition 2023 mengangkat tema 'Karya untuk Lingkungan'. Peserta diminta mendeskripsikan isu dan permasalahan lingkungan hidup di daerah peserta dan menyampaikan usulan solusi terhadap persoalan itu.

Dalam acara itu, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute Ace Hasan Syadzily mengatakan, sebanyak 106 video didaftarkan untuk mengikuti kompetisi ini. Dari jumlah itu, ada 97 video dinilai memenuhi syarat untuk mengikuti tahap selanjutnya hingga diputuskan 13 pemenang.

Faculty Chair Golkar Institute Mulya Amri menjelaskan ada dua kriteria untuk menjadi pemenang. Pertama, konten harus dapat menggali isu yang disampaikan, serta narasi yang digunakan harus dapat menggugah penonton tetang pentingnya isu lingkungan. Kedua, kreativitas audio dan visual, seperti alur gambar dan tampilan apakah menarik untuk ditonton secara visual.

"Banyak yang menyerahkan videonya dan kita harapkan semua video ini bisa viral. Kita harus bantu agar video ini bisa viral karena isu lingkungan hidup harus diangkat," jelas Mulya dalam keterangan yang diterima Jumat (24/11).

Selain penyerahan hadiah kepada pemenang kompetisi video bertema lingkungan, acara ini diselingi dengan diskusi soal kebijakan lingkungan, nonton bareng video pemenang, serta pertunjukan musik.


Baca juga: Universitas Budi Luhur Gelar Puncak HKN ke-59


Sementara itu, panitia menyediakan total hadiah Rp40 juta untuk semua pemenang kompetisi ini. Juara pertama mendapatkan hadiah Rp15 juta yang dimenangi oleh kelompok atas nama Nuri Khusnaini dan Rizky Putradinata dari DI Yogyakarta memilih tema air.

Adapun pemenang kedua berhak mendapat hadiah Rp10 juta, yang diraih Risda Maulidina Putri dari DI Yogyakarta dengan mengangkat topik soal sampah. Pemenang ketiga kompetisi video itu diraih kelompok atas nama Dino Dinasty Harianto, Muhammad Arifin, dan Dana dari Tangerang Selatan yang mengangkat tema polusi udara dan berhak atas hadiah Rp5 juta.

Sedangkan juara favorit dimenangi empat peserta, yaitu Phadlin Hasan dari Aceh dengan topik banjir, Adhani Rahmanda dari Bali dengan isu perubahan iklim, Alia Yusa Salsabila dari Jawa Timur dengan isu sampah, serta Dedi Fernando dari Jawa Barat isu pemanasan global.

Panitia juga memilih enam pemenang mingguan masing-masing dua orang per pekan. Minggu ketiga dimenangi Petrick Torang Siamamora dari Riau dengan topik sampah dan Septiono Eko Pralismana dari Jawa Timur dengan topik air. Pemenang pemenang kedua adalah Alfian Rijal Abdillah dari Jawa Tengah dengan judul sampah dan Lutfilah Azizah dari Jawa Barat dengan isu daur ulang sampah. 

Pekan pertama dimenangi Riska Yulianti dari Jawa Timur isu pemanasan global dan Reno Fikrian dari DI Yogyakarta dengan isu sampah. Masing pemenang mingguan mendapatkan uang tunai Rp1 juta. 

Acara diskusi menghadirkan politisi Golkar yang saat ini menjabat sebagai legislator dan pejabat eksekutif di pemerintahan, antara lain Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani. Anggota Komisi XI DPR RI yang juga Wakil Sekretaris Golkar Institute Puteri Anetta Komarudin. Wakil Menteri Perdagangan RI yang juga Wakil Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute Jerry Sambuaga. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat