visitaaponce.com

HUT ke-23 Metro TV Bawa Pesan Persatuan

HUT ke-23 Metro TV Bawa Pesan Persatuan
Logo HUT ke-23 Metro TV(Dok. MetroTV)

STASIUN televisi berita pertama di Indonesia Metro TV genap menginjak usia ke-23 pada Sabtu (25/11). Sejak pertama mengudara pada 2000, Metro TV konsisten menjadi yang terdepan dalam menghadirkan informasi dan edukasi bagi masyarakat Indonesia.

Tahun ini, HUT Metro TV mengambil tema ‘Merayakan Kebersamaan’. Ketua Panitia HUT ke-23 Metro TV Erwin Setiawan menjelaskan tema tersebut relevan dengan situasi bangsa Indonesia yang akan menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024. Harapannya, makna dari tema di atas menjadi semangat menjaga persatuan di tengah pilihan yang berbeda-beda.

“Dengan banyak sekali partai pemilu, kami ingin bahwa pada ulang tahun ini kita juga ikut berperan untuk memberikan semangat persatuan, semangat kebersamaan. Walaupun beda-beda partai, berbeda pilihan presiden, kita tetap satu Indonesia. Jadi ulang tahun kita ini ada muatan agar Indonesia bersatu, disatukan oleh semangat HUT kita. Itulah Merayakan Kebersamaan,” ungkap Erwin yang juga wakil pemimpin redaksi Metro TV kepada Media Indonesia, Sabtu (25/11).

Baca juga : Cipayung Plus Minta Persatuan Bangsa Dikedepankan dalam Pemilu 2024

Ia mengatakan perayaan HUT Metro TV kali ini lebih sederhana dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pihaknya lebih fokus pada bagaimana Metro TV dapat bangkit dan kembali menjadi televisi terdepan.

“Kita sadar televisi bukan media favorit lagi sekarang. Namun demikian, kita punya cara bagaimana untuk tetap beradaptasi, yaitu dengan media digital. Itulah mengapa sekarang kita punya digital hub di mana konten-konten tv kita saling berikatan, saling berkolaborasi,” kata Erwin.

Metro TV juga terus berupaya menjadi televisi yang dicintai dan dipercaya masyarakat. Hal itu juga sesuai dengan amanat sang pendiri Surya Paloh yang selalu menekankan misi pendidikan melalui media tersebut. 

Baca juga : Jelang Pemilu, Kepala BPIP Ajak Masyarakat Indonesia di Brunei Jaga Persatuan dan Kesatuan 

“Beliau sedari awal ingin (Metro TV) membuka wawasan, memberikan pendidikan sesuai tagline kita Knowledge to Elevate,” ujar Erwin.

Pada HUT ke-23 ini, ada empat jenis kegiatan yang dilaksanakan Metro TV. Pertama, Metro TV telah melakukan kegiatan CSR berupa Kelas Inspirasi bagi sekolah-sekolah dasar yang ada di Jabodetabek. Para reporter dan kameramen datang ke kelas-kelas untuk berbagi pengalaman. 

“Tujuannya agar generasi muda juga menjadi penonton setia kelak untuk Metro TV. Jadi kita sudah menyasar mereka dari sejak usia dini,” kata Erwin.

Baca juga : Haedar Nashir Ingatkan Jangan Ada Penyimpangan dalam Pemilu 2024

Selanjutnya pada Jumat (24/11) malam, agenda rutin tahunan Metro TV People of The Year 2023 kembali diadakan. Memasuki tahun kelimanya, Metro TV People of The Year 2023 ini secara konsisten memberikan apresiasi kepada tokoh bangsa yang berkolaborasi pada negeri dan tentunya mengukir prestasi sepanjang 2023.

Terdapat 11 penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah, bisnis, serta Person of The Year dan Lifetime Achievement. "Mereka adalah orang-orang baru, orang-orang yang kita cari dan kita pilih dari ratusan pejabat kepala daerah. Lalu kemudian perbedaan kedua, mereka ini di tingkat kabupaten/kotamadya," kata Ketua Dewan Juri People of The Year 2023 Don Bosco Selamun dalam keterangannya, Jumat (24/11).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh tokoh-tokoh yang berpengaruh di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas, serta beberapa pimpinan perusahaan baik BUMN maupun juga swasta.

Baca juga : Jelang Pemilu, Masyarakat Diminta Jaga Persatuan dan Kesatuan

Puncaknya adalah kegiatan Malam Puncak HUT ke-23 Metro TV dengan tema “Merayakan Kebersamaan” yang tayang Sabtu (25/11) malam. Acara tersebut berisi hiburan yang menghadirkan antara lain penampilan musisi Ari Lasso, hingga komedian Abdel Achrian.

Pada malam puncak itu, Metro TV juga menghadirkan 18 partai peserta pemilu yang masing-masing diwakili tiga orang kader muda. Mereka menyampaikan gagasan, sekaligus juga memberikan pesan kampanye dan politik yang damai.

Erwin juga menyampaikan akan ada syukuran internal yang dilakukan secara daring. “Jadi nanti Presiden Direktur kita Bang Don Bosco Selamun akan memberikan gambaran wawasan ke depan bagaimana Metro TV. Kemudian yang tak kalah penting ada doa bersama yang dipimpin oleh Prof Zaenal Abidin. Ini akan memberikan kita bagaimana Metro TV harus bangkit ke depan, harus survive harus menjadi televisi yang di depan lagi,” pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat