visitaaponce.com

Iluni UI dan Sayap Dewantara Gelar Pelatihan untuk Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang

Iluni UI dan Sayap Dewantara Gelar Pelatihan untuk Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang
Iluni UI dan Sadewa memberi pelatihan kepada guru dan kepala sekolah di Sumedang, Jawa Barat.(Istimewa)

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bersama Alumni Gerakan UI Mengajar (GUIM) Sayap Dewantara (Sadewa) menggelar pelatihan untuk guru dan kepala sekolah SD di lingkungan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan bertajuk Laire Sujana dan Jelajah Dewantara itu digelar pada 24-26 November 2023 dengan mengambil tempat di tiga lokasi yakni di Desa Cibareubeun, Karangbungur, dan Cimarga.

Program tersebut dimaksudkan untuk melahirkan para cendekia melalui pembelajaran kreatif di berbagai pelosok nusantara. Kegiatan itu diselenggarakan secara rutin setiap tahun di daerah yang pernah menjadi lokasi pengabdian masyarakat dalam program GUIM di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam mengungkapkan kerja sama dengan Sayap Dewantara sudah berjalan selama tujuh tahun, tepatnya sejak 2016.

Baca juga: Atasi Stunting, FKM UI dan Indofood Luncurkan Platform Learning Center untuk Nakes

“Iluni UI sangat perhatian dengan pendidikan anak-anak Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu mendukung kegiatan Sadewa. Tahun ini, kami juga mendapat bantuan penuh dari Damri. Mereka menyediakan sarana transportasi bagi para relawan yang dengan antusias dan sukarela melaksanakan program ini,” ujar Didit melalui keterangan resmi, Senin (27/11).

Sementara itu, Ketua Iluni UI sekaligus dosen dan peneliti di UI, Endang Mariani, mengatakan program Jelajah Dewantara dan Laire Sujana kali ini melibatkan 35 relawan inklusif Sadewa dan 12 relawan Alumni Peduli Center Iluni UI.

Baca juga: Seruni Tekankan Pentingnya Partisipasi Generasi Muda saat Pemilu

“Kebetulan pelaksanaan kegiatan kali ini bertepatan dengan peringatan hari guru. Untuk itu, Iluni UI juga memberikan apresiasi kepada sekitar 20 guru yang hadir mengikuti pelatihan. Kemudian, karena masih dalam suasana peringatan hari pohon sedunia, kami juga menyerahkan bibit pohon untuk dirawat oleh para guru. Ibaratnya seperti merawat siswa dengan penuh kasih sayang. Diharapkan bibit-bibit pohon tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang,” papar Endang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada UI, Iluni UI dan Sayap Dewantara, yang telah bersedia hadir di tengah para guru dan siswa, bahkan hingga ke pelosok yang jauh dari jangkauan keramaian kota.

“Iluni UI dan Gerakan UI Mengajar telah memberikan inspirasi, motivasi, bahkan menumbuhkan kepercayaan diri para guru dan siswa kami untuk terus belajar dari sejumlah pengalaman para alumni UI. Menginspirasi harapan, menyalakan imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar,” ungkapnya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat