visitaaponce.com

Vaksinasi Internasional Penting Demi Cegah Penyakit Sebelum Bepergian

Vaksinasi Internasional Penting Demi Cegah Penyakit Sebelum Bepergian
Vaksin internasional untuk berpergian ke luar negeri(Dok. Millenia Dharma Insani)

BERPERGIAN ke luar negeri penting untuk memerhatikan aspek kesehatan agar tethindar dari penyakit. Vaksin internasional direkomendasikan terutama bagi yang ingin berpergian ke negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu. 

Vaksinasi juga menjadi prioritas utama untuk pelajar yang melakukan studi di luar negeri agar dapat terlindungi dari penyakit menular yang mungkin dapat mengganggu proses studi. Selain wisatawan dan pelajar, calon Jemaah umrah juga disarankan menerima vaksin yaitu vaksin meningitis. 

Sejumlah fasilitas vaksinasi internasional saat ini sudah tersedia di Tanah Air salah satunya PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya PT Millenia Dharma Insani (Klinik Mitrasana). 

Baca juga : Guru Besar Unila Apresiasi Kementan dalam Penyiapan Bahan Baku Obat dan Vaksin Hewan

Layanan vaksin internasional tersebut sudah mencakup Sertifikat Vaksinasi International (ICV) atau kartu kuning untuk penerima vaksin.  

"Kalbe selalu berkomitmen dalam menyehatkan bangsa tidak terkecuali untuk masyarakat yang ingin berpergian ke luar negeri. Vaksinasi sebelum melakukan perjalanan atau vaccine traveller merupakan salah satu persiapan yang penting untuk memberikan perlindungan kesehatan dari berbagai penyakit potensial, dan kebutuhan ini kami tangkap di Klinik Mitrasana," kata Direktur PT Millenia Dharma Insani, Ardiansyah. 

Baca juga : Jakbar Pastikan Kelompok Berisiko Diberi Vaksin Cacar Monyet

Pelajar yang sedang menempuh studinya di luar negeri, biasanya diwajibkan menerima beberapa jenis vaksin tertentu. Namun tentu saja vaksin yang perlu dilengkapi setiap negara bisa berbeda-beda. 

"Kemudian untuk para wisatawan juga dapat menerima vaksin yellow fever yang diperuntukkan untuk melindungi dari demam kuning dan untuk calon Jemaah umroh disarankan menerima vaksin meningitis," imbuh Ardiansyah.

Ardiansyah menambahkan, demam kuning merupakan penyakit endemik di beberapa negara Afrika dan Amerika Selatan sehingga wisatawan yang berpergian ke daerah tersebut diwajibkan menerima vaksin yellow fever dan memerlukan bukti berupa Sertifikat Vaksinasi Internasional (ICV).  

Masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dan hendak menerima vaksin, direkomendasikan melakukan vaksin 1 bulan sebelum perjalanan. Untuk mereka yang hendak melakukan vaksinasi meningitis, sebaiknya dilakukan 14 hari sebelum keberangkatan. 

Setelah melakukan vaksinasi secara lengkap, juga disarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh 1 minggu sebelum keberangkatan.  

"Harapannya layanan vaksin Internasional yang diberikan oleh Mitrasana dapat mendorong masyarakat untuk peduli terhadap vaksinasi agar memiliki kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah ketika mereka hendak ke luar negeri. Selain itu juga dapat meningkatkan keterjangakauan akan layanan vaksin internasional kepada mereka untuk sehatkan bangsa," tambah Ardiansyah. 

Mereka yang hendak berangkat umrah, masyarakat dan pelajar yang ingin melakukan studi atau perjalanan luar negeri, biro perjalanan yang memberikan jasa untuk rute perlajanan ke Amerika Selatan dan Afrika bisa mendapatkan layanan vaksin internasional ini di Klinik Mitrasana Green Pramuka City, Jakarta Pusat. Layanan vaksin juga termasuk konsultasi dokter yang dapat dilakukan di klinik tersebut. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat