visitaaponce.com

Mujarab Ini Cara Mengatasi Flu Tanpa Obat

Mujarab! Ini Cara Mengatasi Flu Tanpa Obat
Ilustrasi(Freepik)

MEMASUKI musim penghujan, Anda diingatkan untuk mewaspadai flu dan batuk yang meningkat. Suhu udara yang menurun akan membuat virus serta bakteri berkembang biak dengan cepat. Flu muncul ketika virus menginfeksi hidung dan tenggorokan. Terkena flu tidaklah berbahaya dan bisa langsung sembuh sendirinya.

Virus flu dapat menyerang ketika kondisi badan tidak stabil. Padatnya aktivitas dapat menjadi salah satu faktornya. Alih-alih mengobati flu dengan obat yang beredar dipasaran, lebih baik jika mencoba beberapa cara alami dan bisa dilakukan di rumah. 

Baca juga: Indonesia Waspadai Wabah Pneumonia Baru dari Tiongkok

Berikut cara mengatasi flu tanpa menggunakan obat:

Konsumsi Sup Ayam

Semangkuk sup hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dan hidung, serta membersihkan lendir. Sup ayam dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kaldu pada sup ayam akan menjadi nutrisi bagi tubuh.

Menghirup Uap

Mengutip sumber Everyday Health, menghirup uap dapat melembabkan tenggorokan, saluran hidung, serta dapat membersihkan dari lendir. Didihkan air, kemudian masukkan ke dalam ember atau bak mandi. Udara yang menguap dapat dihirup hingga 10 menit. 

Baca juga: Nebulisasi tidak Bermanfaat untuk Selesma

Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam dapat meredakan tenggorokan dan membersihkan lendir akibat flu. Sangat mudah membuatnya, siapkan garam setengah sendok teh garam campurkan dengan 200 mili air hangat, berkumur selama 10–30 detik, setalah itu bilas.

Konsumsi Vitamin C dan Vitamin D3

Mengonsumsi buah jeruk akan kaya vitamin C secara rutin dapat memperkuat imun tubuh. Bagi mereka yang terkena flu dapat mengkonsusi suplemen vitamin, terutama vitaman C dan Vitamin D3 setidaknya 1000mg setiap harinya.

Kandungan antioksidan pada vitamin C dapat melindungi sel-sel tubuh dari zat berbahaya. Namun, mengkonsumsi vitamin C secara berlebih sangat tidak dianjurkan. Jumlah dosis 2000 mg dapat menyebabkan sakit perut, diare, serta jarang menyebabkan batu ginjal.

Vitamin D3 berguna untuk kekebalan dalam melawan virus. Sama halnya seperti vitamin C, jika mengkonsumsi berlebih akan ada efek samping, seperti penumpukan kalsium dalam darah, dapat menyebabkan mual, muntah, lemas, dan sering buah air kecil. Toksisitas vitamin D3 menyebabkan nyeri tulang dan ginjal.

Mengonsumsi Zinc

Mengonsumsi zinc dalam tiga hari pertama setalah timbul gejala flu dapat menyembuhkan flu dengan cepat. Zinc berfungsi dalam membentuk pertahanan dalam melawan infeksi virus pada tubuh.

Mengonsumsi Madu

Madu terbukti efektif dalam penyembuhan flu dan batuk bagi orang dewasa maupun anak-anak. Perlu diingat madu dilarang diberikan kepada bayi dibawah satu tahun, hal ini akan menyebabkan botulisme bayi.

Minum Air Hangat

Minum air hangat berguna mencegah dehidrasi, meringankan hidung tersumbat, dan membuat rileks selaput yang meradang dan tidak nyaman. Minum air hangat bisa meminumnya secara langsung atau dicampurkan dengan teh herbal agar segera melegakan hidung serta tenggorokan.

Tidur dengan posisi bantal ekstra di bawah kepala

Lipat bantal menjadi dua atau susun dua buah bantal letakkan dibawah kepala agar posisi kepala terangkat. Posisi kepala ini akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Agar tidak terkena flu pada musim hujan di tengah padatnya aktivitas, jangan lupa untuk menjaga kesehatan, makan makanan sehat, serta mengkonsumsi vitamin. Sedia jas hujan dan payung ketika hujan melanda. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat