visitaaponce.com

2000 Alumni HI UPN Yogyakarta akan Bangun Jejaring Lewat Ikatan Alumni

2000 Alumni HI UPN Yogyakarta akan Bangun Jejaring Lewat Ikatan Alumni
Anggota Alumni HI UPN Yogyakarta(Dok )

PRESIDIUM Ikatan Alumni Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta memanggil para alumni yang jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 orang untuk membangun jejaring. Di usia Jurusan HI UPN Veteran Yogyakarta yang menginjak 30 tahun, diharapkan bisa terbangun ikatan alumni yang kuat untuk pengembangan alumni, mahasiswa, jurusan, serta berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Untuk memfasilitasi pembentukan Ikatan Alumni yang permanen, pada akhir November 2023 sudah terbentuk Presidium Ikatan Alumni HI UPN "Veteran" Yogyakarta yang akan bekerja selama satu tahun. Presidum ini terdiri dari 10 orang perwakilan alumni lintas angkatan yang diketuai oleh Sari Dwi Mulyawati, alumni HI angkatan 2002 yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Kepulauan Riau. 

"Ada dua hal utama yang akan kami lakukan. Pertama, mengumpulkan data-data alumni HI yang tersebar. Sejauh ini dari angkatan pertama tahun 1993 sampai yang terakhir lulus tahun 2019, diperkirakan sudah lebih dari 2.000 alumni. Kami berharap setahun ini setidaknya bisa terkoneksi dengan 40 persen alumni," kata Ketua Presidium Ikatan Alumni HI UPN "Veteran" Yogyakarta Sari Dwi Mulyawati, Kamis (30/11). 

Baca juga : Usai Konvensi Nasional, PP AIHII Sampaikan Refleksi Konflik Palestina-Israel

Hal kedua yang menjadi target Presidium, kata Sari, ialah menyiapkan tawaran desain organisasi alumni, serta anggaran dasar/anggaran rumah tangga organisasi, dan menyiapkan musyawarah besar Ikatan Alumni HI. Selain dua hal pokok itu, Presidium juga ingin membantu Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta dalam menyelenggarakan program praktisi mengajar, serta membantu proses akreditasi internasional jurusan.

Baca juga : Unas Gandeng AIHII Berikan Pencerahan Ilmu Hubungan Internasional

"Dalam waktu dekat kami akan mengajak para alumni untuk bersedia mengisi form sederhana yang memungkinkan kita saling terkoneksi. Kami memanggil para alumni untuk berjejaring," kata Sari yang merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa HI UPN "Veteran" Yogyakarta Periode 2003-2004. 

Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta Dr Saptopo B Ilkodar, menuturkan, bagi Jurusan Ilmu HI, nilai penting terbentuknya ikatan alumni adalah tersedianya lembaga pendukung kinerja jurusan maupun bagi mahasiswa. Menurut dia, ikatan alumni juga merupakan perekat antara Jurusan, alumni, dan mahasiswa, sehingga bisa mendukung peningkatan kinerja baik dalam pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan, maupun pengembangan jurusan secara umum.

"Saya berharap IA HI UPN "Veteran" Yogyakarta bisa menjadi perekat semua alumni Jurusan Ilmu HI lintas angkatan, sehingga menjadi sebuah jejaring yang kompak dan memberi manfaat bagi sesama alumni dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara," kata Saptopo.

Pembentukan Presidium Ikatan Alumni HI UPN "Veteran" Yogyakarta berlangsung di Yogyakarta pada 25 November 2023. Saat itu, Jurusan Ilmu HI UPN "Veteran"  Yogyakarta mengundang 10 alumni dari latar belakang profesi berbeda yang juga lintas angkatan untuk meminta masukan mengenai kesesuaian kurikulum dengan tuntutan profesi. Setelah pertemuan itu, 10 perwakilan alumni itu berembuk tanpa disertai pihak jurusan untuk membahas pembentukan ikatan alumni yang permanen. Ini karena sejauh ini, berdasar informasi dari Jurusan Ilmu HI, belum terbentuk organisasi ikatan alumni yang permanen.

Dari musyawarah mufakat di antara 10 alumni itu, Sari Dwi Mulyawati disepakati sebagai Ketua Presidium, Jhanson Parliatan (1999) sebagai Wakil Ketua, Risdiyanti (2018) sebagai Sekretaris, dan Yuniar (2001) sebagai Bendahara. Sementara itu, sebagai anggota presidium ialah Adrial Refadin (1993); Antony Lee (2002); Sri Mujiyati (2004); Bayu Olo Tua SLG (2008); Nadira Asrifa (2012), dan Qisti Nurafidzah (2013). Dalam menjalankan tugas, presidium dibantu oleh Badan Pelaksana Harian (BPH) yang merupakan lima mahasiswa yang aktif terlibat di Himpunan Mahasiswa HI UPN "Veteran" Yogyakarta.

Hasil kesepakatan musyawarah pembentukan Presidium Ikatan Alumni itu kemudian disampaikan kepada Jurusan HI UPN "Veteran" Yogyakarta, serta dilaporkan ke Dekanat FISIP. Presidium diberi kewenangan untuk bekerja selama setahun melalui Surat Penetapan tertanggal 27 November 2023 yang ditandatangani oleh Dekan FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta Dr Machya Astuti Dewi.  (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat