visitaaponce.com

Z Fest Wadahi Kreativitas Anak Muda Generasi Z

Z Fest Wadahi Kreativitas Anak Muda Generasi Z
Penampilan LKBB Paskibraka Z Fest, di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (17/12).(MI/Lutfi)

AJANG Z Fest yang menyasar generasi Gen Z dengan mengusung tema “Changing Indonesia for The Better” sukses dilaksanakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (17/12).

Dengan antusias tinggi, berbagai sekolah menengah atas atau kejuruan se-Jabodetabek mengikuti sejumlah perlombaan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Paskibraka

Festival untuk Gen Z ini dilaksanakan sebagai wadah kreativitas bagi anak muda dalam mengasah keberanian serta kekompakan.

Baca juga : Transformasi Museum, Mendekatkan Aspek Budaya kepada Generasi Muda

Z Fest hadir sebagai festival bagi generasi zoomer (Gen Z) untuk mereka kelahiran tahun 1997 sampai pertengahan 2010. 

Tercatat ada 25 peserta dari macam-macam SMA yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang mengikuti ajang Z Fest, dengan ragam penampilan yang menarik. 

Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Paskibraka ini bukan hanya baris-berbaris biasa, karena dari setiap peserta dapat memberikan varian formasi yang membuat penonton terpukau. 

Baca juga : Putra Anies Baswedan Sebut Gen Z Sangat Ingin Perubahan

Acara yang digarap oleh Perkumpulan Alumni Jakarta Bersatu (ASJB) ini hanya dapat diikuti oleh grup Paskibraka Jabodetabek yang sudah pernah memenangi lomba baik tingkat daerah atau nasional. Kriteria penilaian oleh juri dinilai dari tingkat kekompakan tim, keserasian kostum dan adanya atraksi yang menarik.

Hadir dalam acara tersebut, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Sebagai alumni SMAN 6 Jakarta, ia berpesan, ada tiga hal penting yang mesti dimiliki oleh generasi muda saat ini. 

Pertama, generasi Z harus mempunyai pikiran terbuka (open minded). Sebagai anak muda kita harus bisa membuka pikiran kita dalam melihat suatu hal.

Baca juga : Gen Z Rentan Alami Gangguan Kulit Gatal

"Sebagai generasi z, kita harus mau melihat hal-hal terbaru," ujar Andika.

Kedua, adalah tidak boleh terlalu sabar atau pasrah dengan keadaaan. Menurutnya, dari sikap tidak sabar akan muncul ide-ide kreatif yang berkembang. 

Andika mengucapkan bahwa ketidaksabaran itu akan membuat otak berpikir kreatif dalam memecahkan masalah serta memicu untuk berpikir bagaimana membuat hidup bisa lebih mudah dan cepat.

Baca juga : Memahami Aba-aba Baris Berbaris serta Maksud dan Tujuannya

Yang ketiga, kata Andika, milikilah semangat yang tinggi dan selalu mempunyai pikiran bahwa akan ada harapan selagi berusaha dan bertekad.

"Dengan begitu kita akan menjadi generasi yang terbuka, kreatif dan penuh dengan harapan. Saya ingin nantinya adik-adik bisa sukses bukan hanya di Indonesia tapi di luar Negeri karena kita semua mempunyai kesempatan," tutupnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat