visitaaponce.com

Festival API FSRD Untar 2023 Dorong Lahirnya Agen Perubahan

Festival API FSRD Untar 2023 Dorong Lahirnya Agen Perubahan
Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan(HO)

FAKULTAS Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar Festival Agen Perubahan Indonesia (API) ke-5 dengan tema 'Pemajuan Kebudayaan Nusantara'. Festival yang melibatkan 23 lembaga ini bertujuan untuk mendokumentasikan agen perubahan di bidang kebudayaan di seluruh Indonesia.

"Festival ini merupakan program yang diinisiasi oleh FSRD Untar pada 2019 dan bekerja sama dengan berbagai lembaga. Dengan melibatkan kolaborasi yang lebih luas serta lintas institusi hingga daerah, diharapkan Festival API dapat terus menginspirasi untuk mendorong munculnya agen-agen perubahan era kekinian," ujar Ketua Panitia Festival API 2023 Agus Danarto, S.Sn., M.Ds dalam keterangan yang diterima, Selasa (19/12).

Festival ini mendapat apresiasi dari Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan. Ia berharap, festival ini menjadi kegiatan tahunan dengan dampak global bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Pada puncak acara Festival API FSRD Untar 2023 dilangsungkan talk show dan webinar, akhir November lalu di Gedung K Kampus I Untar. Talk show dipandu bintang sinetron sekaligus presenter Inez Tagor dengan narasumber Bre Redana (jurnalis), Azmi Abubakar (pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa), dan Dr. Siti Nuranisaa Parama B, S.Sn., M.Pd. (Dosen FSRD Untar). Sedangkan webinar menghadirkan juga beberapa praktisi dari Mentor Pengembangan Pemuda Atsanti Foundation Ign. Reinard Arga, S.H., M.H., Dosen FHIK UK Petra Dr. Drs. Bing Bedjo Tanudjaja, M.Si., Dosen FSRD Untar Dr. Hartini, S.Sn., M.A., dan dimoderatori Dosen FSRD Arief Adityawan, S.Sn., M.Sn.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pameran Festival API 2023 ditandai dengan penandatanganan poster pameran oleh Dekan FSRD Dr. Kurnia Setiawan, S.Sn., M.Hum., Ketua Panitia Festival API 2023, dan narasumber talk show serta beberapa tamu undangan lainnya.

Festival API 2023 juga menggelar lomba foto dan video reels yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia. Untar meraih juara pertama lomba foto dengan judul karya “Paguyuban Wayang Orang Bharata”. Sedangkan, untuk video, juara pertama diraih  Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang dengan judul video 'Jejak Kuliner Indonesia di Negeri Jiran'. (RO/R-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat