visitaaponce.com

Kebutuhan masih Besar, Pelatihan Intensif Khatib Muda Digelar

Kebutuhan masih Besar, Pelatihan Intensif Khatib Muda Digelar
Pelatihan untuk khatib bertajuk Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia (TICKMI) Batch 2, Selasa (19/12)-Rabu (20/12) di Jakarta.(Dokpri.)

PELATIHAN untuk khatib bertajuk Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia (TICKMI) Batch 2, Selasa (19/12)-Rabu (20/12) di Jakarta. Urgensi pelatihan khatib ini ditekankan mengingat kebutuhan yang sangat besar di Indonesia.

Anggota Dewan Pengawas Syariah BSI sekaligus Pembina dari Yayasan Al-Washiyyah KH Mohamad Hidayat menekankan hal itu. "Dengan pelatihan ini harapannya masjid masjid di seluruh Indonesia, khususnya di pelosok-pelosok tidak kekurangan sumber daya khatib yang terdidik. Soalnya, jika ada suatu masjid kekurangan khatib, dosanya kita juga dapat," paparnya pada pelatihan yang digelar BSI Maslahat bekerja sama dengan BSI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Yayasan Al-Washiyyah.

Harapan lain disampaikan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis. Ia berharap materi khutbah yang disampaikan tidak hanya bersifat ukhrawi tetapi juga menyentuh aspek keuangan syariah. "Ini kita bisa jadikan jalan untuk meningkatkan literasi umat Islam yang masih rendah terkait ekonomi syariah," tuturnya.

Baca juga: Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 14: Hubungan Iman dan Islam

Dalam sambutannya, Komisaris Utama BSI Muliaman Hadad berharap pelatihan serupa dapat diselenggarakan tidak hanya di Jakarta tetapi juga kota-kota lain bekerja sama dengan berbagai organisasi terkait. "Opsi kedua, pelatihan ini dapat dilaksanakan di luar negeri, karena banyak masjid masjid di luar negeri yang masih kekurangan khatib terdidik dengan latar belakang yang sesuai," ujarnya.

Tujuan TICKMI antara lain meningkatkan kompetensi khatib, kualitas dai dalam berdakwah, serta menarik minat umat Islam dalam kegiatan dakwah melalui khutbah Jumat. Peserta pelatihan juga dibekali dengan materi public speaking, Adab khutbah, hingga menulis naskah khutbah. TICKMI Batch 2 diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta yang terpilih dari berbagai latar belakang pendidikan terutama pendidikan agama Islam dan dakwah. 

Baca juga: Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

Setelah mengikuti TICKMI, diharapkan para peserta dapat menjadi khatib yang kompeten dan profesional. Mereka diharapkan dapat menyampaikan khutbah yang sesuai dengan rukun dan syaratnya serta dapat menarik perhatian jamaah. BSI Maslahat adalah lembaga zakat mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat