visitaaponce.com

Berdayakan Masyarakat Desa Sambirata, Banyumas, Antar Sido Muncul Raih Proper Emas Keempat

Berdayakan Masyarakat Desa Sambirata, Banyumas, Antar Sido Muncul Raih Proper Emas Keempat
Manager Budidaya Tanaman dan PPRS (Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul) Bambang Supartoko.(MI/Denny PS)

SEJAK 2020, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, sudah jadi langganan menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Penghargaan tersebut pertama kali diterima pada 2020. Kali ini diterima Manager Budidaya Tanaman dan PPRS (Pusat Penelitian Rempah Sido Muncul) Bambang Supartoko mewakili Sido Muncul. Di ajang ini, Direktur Irwan Hidayat juga masuk masuk jajaran Juara Green Leadership Utama Dunia Usaha bersama Dirut PLN Darmawan Prasodjo dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati. 

''Kami hanya mewakili CEO kami pak Irwan Hidayat serta jajaran menajemen yang telah memberikan dukungan kepada kegiatan yang membuahkan hasil mendapatkan Proper emas,'' kata Bambang, seusai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wapres KH Maruf Amin didampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12).

Baca Juga: Temulawak Diklaim Bisa Membantu Cegah Stunting

Bambang menegaskan kembali bahwa yang diterimanya ini adalah yang keempat kalinya. Penghargaan yang diterima Sido Muncul kali ini berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. ''Dan tahun ini sudah mandiri, sudah harus kami tinggalkan di akhir tahun dan tahun depan akan berpindah ke desa-desa yang lain. Jadi kami ada sustainability dan bagaima kami memberdayakan masyarakat desa. Jadi saat programnya selesai, masyarakatnya mandiri,'' jelas Bambang lebih lanjut. 

Tantangannya untuk mempertahankan ini tentu tidak ringan, cukup berat, sehubungan dengan sustainability proggrame. ''Kita bisa mendapatkan tapi belum tentu bisa mempertahankan. Satu hal yang menarik adalah bagaimana kami terus kreatif dan juga mendengar suara keinginan masyarakat. Dan itu kita bantu dengan menggali potensi-potensi dan pada akhirnya masyarakat akan terbiasa bagaimana menggali pola pikir mereka sendiri,'' jelas Bambang.  

Baca Juga: Badan POM Terus Menggali Produk Herbal Asli Indonesia

Di sisi lain, lewat wawancara daring, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat yang sedang berada di luar Jakarta mengatakan bahwa pihaknya memang sudah menyiapkan produk yang ramah untuk masa depan. ''Apa saja kami kembangkan untuk hal-hal seperti ini. Apa saja kami kembangkan untuk mengentaskan kemiskinan, pemberdayaan  perempuan. Yang penting bermanfaat. Manfaat nya kami berbisnis dan bisa berbuat sesuatu.,'' ujar Irwan. 

''Tapi yang pasti kami berbisnis bagaimana bisa memenuhi kriteria. Yang penting buat kami, mendapat emas ini sebuah kbanggaan. Karena kalau kita peduli pada sekitar dan dihargai dapat emas. Itu kebanggaan tersendiri bagi kami untuk mendapatkan itu,'' tegasnya lagi.

Penghargaan yang berhasil diraih Sido Muncul, kata Irawan, adalah berkat visi misi Sido Muncul yang ingin memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Visi dan misi ini telah digagas sejak 2000.

Sementara itu dalam sambutannya, Program PROPER dipandang menjadi platform bagi perusahaan untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan tersebut, terutama untuk mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri yang dilakukan.

“PROPER sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup,” ucap Wapres KH Maruf Amin.  (S-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat