visitaaponce.com

Wacana Pembangunan Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani Disampaikan ke Wapres

Wacana Pembangunan Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani Disampaikan ke Wapres
Wacana pembangunan museum literasi Syekh Nawawi Al-Bantani disampaikan ke Wapres(Dok)

PAKAR filologi yang tergabung dalam Tim Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Mereka menyampaikan rencana untuk membangun Museum Literasi Syekh Nawawi Al-Bantani.

"Salah satu yang kita usulkan itu adalah dengan adanya museum. Mungkin namanya bisa nanti kita diskusikan, tapi semacam museum literasi Syekh Nawawi," kata pemimpin tim museum Oman Fathurrahman usai pertemuan di kediaman resmi wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Rabu (24/1). 

Oman mengatakan Universitas Syekh Nawawi Banten perlu memiliki pembeda. Sehingga kekhasan universitas itu tampak dan manfaatnya lebih luas.

Baca juga : Instalasi Seni Jaring Laut Halaman Rumah Jadi Koleksi Baru Museum Bahari

"Nantinya museum ini akan mengusung tiga unsur penting yang akan menjadi ciri khas dari Universitas Syekh Nawawi Banten," ujar Guru Besar Filologi Universitas Islam Negeri Jakarta itu.

Baca juga : Indonesia Heritage Agency Tinjau Revitalisasi Kawasan Cagar Candi Muaro Jambi

Oman merinci unsur tersebut, yakni tentang Syekh Nawawi. Kemudian Banten Islam sejak khususnya abad ke-16 dan tentang pelembagaan lembaga pendidikan Islam di Indonesia abad ke-19 yaitu pesantren.

"Jadi ada tiga lokus yang akan menjadi penciri yang mendukung ekosistem perguruan tinggi," jelas dia.

Oman berharap kehadiran museum itu akan bermanfaat untuk meningkatkan literasi publik. Apalagi, karya-karya Syekh Nawawi sejak dulu telah banyak menjadi referensi di seluruh dunia.

"Ini konsepnya akan betul-betul disajikan, dikolaborasikan, dengan konteks kekinian. Kita akan memanfaatkan teknologi digital," ucap dia. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat