visitaaponce.com

Relawan Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Relawan Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan dari Koran Bekas
Pelatihan pengolahan koran bekas menjadi produk berkelas(Dok)

PELATIHAN pengolahan koran bekas menjadi produk berkelas yang diinisiasi Santri Dukung Ganjar (SDG) diminati dan dilirik oleh warga Ciamis. Sebab, pengolahan bahan limbah menjadi produk UMKM itu dinilai bisa menjadi ide bisnis menjanjikan yang dapat menghasilkan cuan. 

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang peserta pelatihan Nurmala (20). Menurut dia, pelatihan yang digelar di Jalan Pemuda Nomor 11A, Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Jumat (22/12) tersebut sangat bermanfaat. 

"Sangat bermanfaat sekali, karena dengan adanya kegiatan ini kita bisa meningkatkan kreativitas kita. Sehingga kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan memanfaatkan barang-barang yang dianggap sebagai sampah tapi kemudian bisa menjadi sesuatu yang berkelas," ujar Nurmala. 

Baca juga : KemenKopUKM Kembangkan Model Bisnis Agregasi bagi Sektor Wastra dan Kriya

Ke depannya, Nurmala mengaku tertarik untuk memulai usaha membuat produk UMKM dari olahan koran bekas bermodalkan keterampilan yang telah ia dapat dari pelatihan.  Untuk mendorong pemasaran produk tersebut nantinya, Nurmala akan memanfaatkan platform sosial media sebagai sarana promosi. 

Baca juga : Wujud Sustainable Living, Produk Daur Ulang Ramaikan Eco RunFest 2023

"Dengan kegiatan ini mungkin nanti ke depannya bisa kita memulai usaha dan kita bisa mempromosikannya di sosial media tentang produk yang telah kita buat seperti membuat vas bunga dan lain-lain," jelas Nurmala. 

Nurmala menuturkan, kegiatan membuat kerajinan tangan dari limbah cukup menjanjikan karena memiliki daya tarik tersendiri. 

"Bisa jadi usaha menjanjikan karena selain memiliki daya tarik, barang ini juga bisa bermanfaat untuk sehari-hari," lanjut dia. 

Relawan Santri Dukung Ganjar terinspirasi untuk mengadakan pelatihan dari sosok calon presiden Ganjar Pranowo yang sangat peduli terhadap peningkatan UMKM. Hal itu terbukti dari program-program positif yang digencarkan Ganjar selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode. 

Berbagai upaya dilakukan Ganjar untuk memajukan UMKM di antaranya dengan menginisiasi Lapak Ganjar sebagai wadah para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya. 

Kemudian, Ganjar juga mendorong perkembangan UMKM di Jawa Tengah dengan memfasilitasi terobosan baru "Hetero Space". Lewat kreatif hub itu, Ganjar menjawab berbagai kebutuhan pengetahuan UMKM, sebelum menjual produk tersebut. 

Selaras dengan itu, Nurmala juga menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan pemimpin yang adil dan bijaksana dalam menciptakan visi misi Indonesia unggul. Dia pun kemudian menyampaikan secercah harapan dan dukungannya agar Ganjar-Mahfud menang di Pilpres 2024.

"Mereka pemimpin yang baik dan bijaksana. Saya harap semoga mereka bisa menjadi pemimpin di tahun 2024," pungkasnya. (Z-8) 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat