visitaaponce.com

Kemenkes Laporkan Dua Pasien Subvarian JN.1 Meninggal di Batam

Kemenkes Laporkan Dua Pasien Subvarian JN.1 Meninggal di Batam
Ilustrasi.(Freepik.)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi dua pasien covid-19 varian omikron dengan subvarian JN.1 dan XBB.2.3.10.1 meninggal dunia. Keduanya merupakan pasien laki-laki yang berasal dari Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Laporan tersebut berdasarkan update laporan verifikasi kasus kematian covid-19 dari Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BTKL) Batam," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa (26/12).

Pasien wafat tersebut yakni GNS, 77, laki-laki, meninggal dunia pada 21 Desember 2023 di Rumah Sakit Santa Elisabeth Lubuk Baja, Batam, yang teridentifikasi positif omikron GE.1. Kemudian pasien kedua berinisial FV berusia 48 tahun, berjenis kelamin laki-laki yang meninggal pada 18 Desember 2023 di RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Pasien dinyatakan positif BA.2.86.1 termasuk lineage atau keturunan dari subvarian JN.1.

Baca juga: Bebaskan Diri dari covid-19 saat Pesta Tahun Baru, Ikuti Langkah-langkah Ini

"Namun, pasiennya penyakit komorbid masuknya, sempat dirawat di ICU karena penyakit komorbidnya," ujar dia.

Selain itu, kedua pasien belum memiliki riwayat kelengkapan vaksin ditambah ada penyakit komorbid sehingga risiko tingkat kematian meningkat. Oleh karena itu, Kemenkes meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi.

Baca juga: Covid-19 JN.1 Masih Level Aman, Masyarakat Diimbau Prokes

Diketahui update per 25 Desember 2023 kasus baru covid-19 yang terkonfirmasi sebanyak 171 kasus sehingga total kasus aktif mencapai 2.615 dengan 5 kasus meninggal. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat