visitaaponce.com

Keluarga jadi Tameng Pertama Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Keluarga jadi Tameng Pertama Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak
Ilustrasi keluarga(MI/Ramdani)

DEPUTI Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ratna Susianawati menekankan peran keluarga sangat penting untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Namun yang penting dari itu semua adalah bagaimana pencegahan di hulu yang dilakukan oleh keluarga karena peran keluarga di sini sangat penting sebagai tameng pertama bagi anak dan perempuan bukan hanya sekedar edukasi tetapi juga untuk melindungi dengan cara memperhatikan edukasi dan bertanggung jawab terhadap anak dan keluarga," kata Ratna saat dihubungi, Kamis (28/12).

Pada dasarnya banyak kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan cenderung dilakukan oleh keluarga ataupun orang terdekat oleh karena itu bimbingan terhadap keluarga sangatlah penting baik dari tetangga, saudara sekitar, dan sebagainya.

Baca juga : Berikan Anak Pendidikan Antikekerasan sejak Usia Balita

"Jika terjadi kekerasan pada perempuan maupun anak akan sangat berbahaya baik masa depan atau bisa menjadi pelaku. Karena bisa jadi pelaku kekerasan seksual atau kekerasan lainnya bisa berawal dari yang dulunya korban kini menjadi pelaku," ujar dia.

Dalam regulasi yang ada saat ini, lanjut Ratna, sudah diatur mengenai perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta hukuman bagi yang melanggarnya.

Berdasarkan laporan dari Komnas Perlindungan Anak, kekerasan terhadap anak cenderung meningkat. Kekerasan yang dialami anak terkadang tidak banyak dilaporkan karena keluarga menilai itu adalah ranah internal atau sebagai aib.

"Nmun kini sudah mulai di banyak dilaporkan baik karena sarana prasarana yang menunjang untuk pelaporan kerahasiaan dan sebagainya sehingga pelaporan kekerasan baik terhadap anak maupun perempuan sudah banyak dilakukan," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat