visitaaponce.com

10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Punya Efek Antioksidan, Antiinflamasi, dan Antikanker

10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Punya Efek Antioksidan, Antiinflamasi, dan Antikanker!
Ilustrasi manfaat jahe merah untuk kesehatan(Antara)

Terdapat beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Tak heran jika jahe merah dikenal secara turun-menurun untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit, terutama bagi masyarakat di negara-negara Asia.

Jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale dan merupakan varietas jahe yang memiliki warna merah kecoklatan, serta memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan dengan jahe biasa.

Bukan hanya di Indonesia, di Tiongkok, India, dan Timur Tengah, jahe merah juga digunakan untuk meredakan berbagai gangguan pencernaan, mengatasi masalah pernafasan, dan sebagai obat antiinflamasi.

Tak jarang, jahe merah juga digunakan sebagai bumbu masakan, dengan diolah menjadi pasta ataupun dikeringkan, sehingga dapat menambah cita rasa dan aroma masakan.

Selain rasa pedasnya yang khas, jahe merah tak luput dari berbagai kandungan nutrisi yang membuatnya berkhasiat bagi kesehatan.

Dalam setiap ruas jahe merah terkandung kalori, serat, karbohidrat, lemak, protein, dan gula. Jahe merah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti zinc, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin B2, B3, B6, dan C.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe merah dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit tenggorokan, nyeri otot dan sendi, mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol, hingga membantu pengobatan kanker.

Baca juga: 12 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, Simak Cara Mengolahnya!

Tak hanya itu, masih banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat tanaman herbal tersebut untuk kesehatan.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

1. Antiinflamasi

Jahe merah mengandung zat aktif seperti gingerol dan turmerone yang memiliki sifat antiinflamasi, serta dapat membantu mengatur sirkulasi darah dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam jahe merah juga dapat membantu memperlambat proses penuaan. 

Hasil penelitian BMC Complementary Medicine and Therapies mengatakan bahwa jahe merah bermanfaat dalam mengurangi nyeri menstruasi pada wanita. Sifat antiinflamasi yang terdapat dalam jahe merah diduga dapat menghambat sintesis prostaglandin.

Kamu juga bisa memanfaatkan jahe merah untuk meredakan gatal pada kulit, meredakan jerawat, menyembuhkan kulit yang luka, dan peradangan kulit lainnya. Untuk mengurangi gatal, haluskan campuran jahe merah dan bawang merah, lalu oleskan ke permukaan kulit.

2. Antioksidan

Mengutip National Library of Medicine, jahe merah merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber antioksidan alami, dan sering digunakan untuk campuran minuman herbal.

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam jahe merah, seperti gingerol dan zingeron, diketahui dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan sel tubuh.

Selain keunggulan sifat antiinflamasi yang telah disebutkan sebelumnya, tak sedikit orang yang menjadikan manfaat jahe merah untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam tanaman herbal ini juga mendukung terjaganya kesehatan kulit, sehingga berpotensi menghambat penuaan dini.

Baca juga: 10 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kualitas Suara!

3. Memperkuat sistem imun

Jahe merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat berpotensi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C, B kompleks, zinc, dan senyawa lain yang memiliki sifat antioksidan dapat membantu melawan virus dan bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

Agar mendapatkan manfaat jahe merah untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, kamu bisa mengonsumsi air rebusan jahe merah secara rutin. Hal ini diyakini akan memiliki dampak baik bagi tubuh, sehingga sistem imun pun akan terjaga.

Sistem imun yang kuat akan membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.  Sebaliknya, jika sistem imun menurun tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Mengonsumsi jahe merah akan menimbulkan sensasi hangat dalam tubuh. Tak heran jika banyak orang yang mengatasi sakit tenggorokan dengan menggunakan ramuan jahe merah.

Manfaat tanaman herbal ini akan terasa saat kamu mengalami radang tenggorokan, karena adanya senyawa flavonoid.

Flavonoid yang terkandung dalam jahe merah memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang juga membantu meredakan masalah pernapasan, seperti gejala batuk dan pilek.

Baca juga: Wajib Tahu! 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Kulit, hingga Pencernaan

5. Mengurangi nyeri otot dan sendi

Manfaat jahe merah untuk kesehatan juga termasuk meredakan nyeri otot dan sendi, seperti asam urat dan rematik. Selain meredakan masalah pernapasan, kandungan flavonoid dapat mengobati penyakit asam urat ataupun rematik.

Rematik sendiri merupakan kondisi ketika sistem imun tubuh menyerang sendi, sehingga menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Sementara asam urat disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi.

Radang sendi ataupun nyeri pada otot dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin.

Sifat antiinflamasi yang terdapat dalam tanaman herbal ini dipercaya sebagai salah satu alternatif untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada kondisi seperti arthritis.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Jahe merah telah digunakan secara tradisional untuk meredakan masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya.

Tanaman herbal ini mengandung beberapa senyawa yang memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat melawan bakteri jahat dalam tubuh, seperti Salmonella enteritidis, Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus.

Mengonsumsi jahe merah secara rutin dipercaya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mencegah munculnya penyakit. Sensasi hangat setelah mengonsumsi jahe merah dapat membuat sistem pencernaan lebih rileks, terutama lambung.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Atasi Jerawat

7. Mengatur Tekanan Darah:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe merah dapat membantu mengatur tekanan darah, dengan melancarkan sirkulasi darah dan mencegah terbentuknya gumpalan ataupun plak di pembuluh darah. 

Agar mendapatkan manfaat jahe merah untuk kesehatan pembuluh darah, kamu dapat mengonsumsi ekstrak jahe merah secara rutin. Lancarnya sistem peredaran darah, dapat mencegah risiko hipertensi.

Jahe merah juga mencegah terjadinya pembekuan darah yang dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Penggunaan obat hipertensi secara terus menerus dalam jangka panjang tentunya dapat memberikan efek samping pada tubuh, salah satunya ginjal. Untuk itu kamu bisa menggunakan jahe merah sebagai alternatif pengobatan.

8. Menurunkan gula darah dan kolesterol

Kadar gula dan kolesteral dalam darah yang terlalu tinggi akan menimbulkan penyakit. Untuk itu diperlukan tindakan preventif untuk mencegah masalah gula darah ataupun kolesterol.

Ekstrak Jahe merah dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Senyawa yang terkandung dalam jahe merah dipercaya dapat menghancurkan lemak jahat dan trigliserida. Tanaman herbal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Mengonsumsi jahe merah secara rutin dalam dosis yang tepat dapat menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, yang juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat!

9. Antikanker

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah mengobati kanker.

Zat-zat bersifat antimikroba yang terdapat dalam jahe merah diklaim dapat membantu mengatasi penyakit berbahaya seperti kanker.

Beberapa penelitian praklinis menunjukkan bahwa jahe merah dapat memiliki potensi efek antikanker.

Adanya kandungan berupa gingerol dipercaya mampu menghambat pertumbuhan tumor pada kanker usus. Jahe Merah juga dianggap berpotensi memperlambat pertumbuhan dan melawan sel-sel kanker yang ada di rahim.

Karena sensasi panas yang dimiliki, jahe merah diketahui bisa membantu meringankan rasa mual setelah menjalani operasi atau kemoterapi.

10. Meningkatkan fungsi otak

Jahe merah dipercaya ikut berperan dalam meningkatkan fungsi otak. Senyawa bioaktif dan antioksidan dalam jahe merah dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Hasil dari sebuah investigasi komputasi menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe merah secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah hilangnya memori.

Hal ini menjadikan jahe merah sebagai alternatif untuk mengurangi potensi penyakit Alzheimer.

Meski demikian, manfaat jahe merah untuk kesehatan yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca juga: 7 Aktivitas Seru di Sekitar Alun-Alun Bandung, Tempat Wisata Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan. Selain dijadikan bumbu dapur, rempah yang satu ini juga cukup efektif dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman herbal ini dapat diolah dalam berbagai cara untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Beberapa diantaranya yaitu dengan dibuat suplemen kapsul, jus, acar, sirup, ataupun teh.

Adapun untuk membuat teh jahe merah sangat mudah. Rendam irisan jahe merah yang sudah dicuci bersih dalam air panas. Kemudian tambahkan madu atau lemon sesuai selera.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat