visitaaponce.com

10 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kualitas Suara

10 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Kualitas Suara!
Ilustrasi manfaat kencur untuk kesehatan(Freepik/azerbaijan_stockers)

Terdapat beberapa manfaat kencur untuk kesehatan. Manfaat ini tentunya tak kalah penting dengan yang diberikan obat-obatan modern.

Tanaman herbal ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara yang memiliki iklim tropis, terutama di Indonesia. 

Bagian kencur yang sering digunakan adalah akar rimpangnya, yang memiliki aroma khas serta rasa pedas dan harum, sehingga sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan

Bukan hanya untuk bumbu dapur saja. Sejak zaman dahulu kala, kencur memang dikenal memiliki berbagai khasiat, sehingga kerap dijadikan obat tradisional untuk memerangi berbagai penyakit.

Tanaman yang memiliki nama latin Kaempferia galanga ini mengandung berbagai komposisi zat, seperti mineral, pati, borneol, asam sinamat, sineol, alkaloid, kaempferol, etil ester, kamfen, asam anisat, dan banyak lagi.

Kencur juga dikenal memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik, sehingga sering kali dimanfaatkan oleh penyanyi yang mengalami masalah seperti radang, sakit tenggorokan, ataupun masalah vokal lainnya.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat kencur untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Baca juga: Wajib Tahu! 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Kulit, hingga Pencernaan

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Tenggorokan & Batuk

Kencur atau yang sering disebut cikur ini merupakan tanaman herbal yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan secara alami, termasuk masalah tenggorokan, batuk, dan flu.

Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam kencur dapat membantu meredakan peradangan pada tenggorokan. 

Kamu dapat menggunakan kencur untuk membantu mengencerkan dahak, sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat sembuh dari batuk.

Kencur juga dapat meredakan rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan, membantu memberikan rasa nyaman di tenggorokan hingga melancarkan pernapasan.

Agar mendapatkan manfaat kencur untuk kesehatan tenggorokan, kamu dapat mencampurkan parutan kencur dengan berbagai bahan herbal lainnya, seperti madu, jeruk nipis, kunyit, ataupun garam. Rimpang kunyit juga bisa kamu makan secara langsung setelah dibersihkan.

2. Menurunkan Kolesterol

Penurunan kadar kolesterol jahat memang lebih lebih sering dikaitkan dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Beberapa bahan makanan yang telah lebih banyak diteliti untuk menurunkan kolesterol seperti serat, omega-3, alpukat, bawang putih, oatmeal, dan berbagai jenis lemak sehat.

Namun, kencur dikenal memiliki kandungan berbagai zat yang salah satunya bersifat anti-inflamasi. Rempah ini juga mengandung serat dan senyawa etanol yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Meski demikian, manfaat kencur untuk kesehatan yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca juga: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Atasi Jerawat

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Beberapa orang percaya bahwa kencur memiliki sifat-sifat yang dapat merangsang nafsu makan dan membantu memperlancar pencernaan. 

Ramuan kencur yang biasanya dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan yaitu jamu beras kencur. Untuk membuat ramuan ini biasanya dibutuhkan kencur, beras, asam jawa, dan gula merah.

Minuman beras kencur mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B1, C, dan E. Kandungan vitamin ini mampu memperbaiki nafsu makan dan juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain jamu beras kencur, kamu bisa membuat minuman kencur dengan menambahkan madu ataupun jahe. Kamu juga bisa menambahkan kencur ke dalam masakan untuk meningkatkan selera makan. 

4. Mengobati Bengkak

Manfaat kencur untuk kesehatan lainnya adalah mengobati bengkak.

Kencur memiliki sifat anti inflamasi yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi peradangan dan bengkak karena keseleo atau terkilir. 

Salah satu cara membuat ramuan kencur untuk mengurangi bengkak yaitu dengan mencampurkan rimpang tanaman herbal tersebut dengan beras yang ditumbuk. Lalu diaplikasikan ke bagian tubuh yang bengkak.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Meredakan Sakit Maag

Beberapa orang yang memiliki gejala maag, seperti nyeri ulu hati, rasa perih di dada, atau rasa tak nyaman setelah makan, dapat mengonsumsi kencur untuk mengatasinya. 

Kandungan berbagai senyawa dalam kencur dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi kadar asam di dalam lambung. 

Maag yang dialami beberapa orang dapat menyebabkan penipisan dinding perut, sehingga kamu bisa mengonsumsi kencur yang memiliki khasiat untuk mempertebal dinding perut.

Selain dengan mengunyah kencur mentah yang sudah dibersihkan untuk mengurangi produksi asam lambung, kamu bisa meminum air rebusan kencur, mencampurkannya dengan madu atau jeruk nipis, dan bisa juga meminum suplemen yang mengandung kencur.

6. Obat Sakit Kepala

Kencur memiliki banyak kandungan komponen baik, salah satunya adalah gingerol dan shogaol.

Komponen aktif tersebut dapat merangsang sifat antiinflamasi dan analgetik yang dapat membantu meredakan beberapa jenis sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh peradangan atau ketegangan, seperti migrain, cluster headache, dan tension headache.

Dengan meminum campuran air hangat dan parutan kencur ataupun mengompres kepala dengan parutan kencur yang dibungkus kain bersih, kamu bisa menikmati manfaat kencur untuk kesehatan, khususnya sakit kepala. 

Baca juga: 6 Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Penggunaannya, Bisa Atasi Jerawat!

7. Mencegah Jerawat

Tak sedikit orang yang menjadikan manfaat kencur untuk kesehatan kulit.

Kencur memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang dapat membantu mengatasi peradangan dan membunuh bakteri pada kulit yang mungkin akan menyebabkan jerawat.

Tanaman herbal satu ini juga mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin B1, dan vitamin C yang baik digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit. 

Mengonsumsi kencur secara rutin atau mengaplikasikan masker kencur ke wajah dapat menghaluskan kulit dan mencegah jerawat secara alami.

8. Mengobati Diare

Kencur memiliki berbagai kandungan senyawa yang dianggap oleh beberapa orang memiliki potensi untuk membantu mengatasi diare.

Melansir Healthline, kandungan antibakteri yang ada dalam kencur dapat mengobati gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, ekstrak kencur juga mengandung zat sitotoksik yang ampuh meredakan diare.

Tak heran jika kencur telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah pencernaan.

Kamu bisa meminum air rebusan kencur yang ditambahkan garam sebagai penyeimbang dan membantu meredakan diare.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat!

9. Mencegah Penuaan Dini

Selain mengatasi jerawat, manfaat kencur untuk kesehatan kulit juga dapat mencegah penuaan dini.

Kandungan berbagai vitamin, seperti B1, C dan E, serta asam ferulic dan alatonin juga dianggap dapat menyamarkan garis halus dan kerutan pada kulit wajah, sehingga dapat memberikan efek anti-aging.

Kencur juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan senyawa Etil p-metoksisinamat dalam kencur juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

Khasiat kencur tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsinya dalam bentuk jamu ataupun suplemen.

10. Menurunkan Demam

Demam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi, peradangan, reaksi terhadap obat-obatan, penyakit autoimun, virus, bakteri, dan lainnya.

Secara umum, demam adalah respons tubuh terhadap suatu rangsangan atau infeksi, di mana suhu tubuh meningkat melebihi batas normal, sekitar 37 derajat Celsius.

Demam biasanya dapat diatasi dengan menggunakan obat penurun demam atau antibiotik. Bisa juga menggunakan tumbuhan herbal seperti kencur.

Sifat anti inflamasi dalam kencur dapat dimanfaatkan sebagai penurun demam.

Beberapa cara tradisional menggunakan kencur untuk mengatasi gejala demam, di antaranya membuat ramuan atau minuman hangat dengan campuran kencur. 

Baca juga: 7 Aktivitas Seru di Sekitar Alun-Alun Bandung, Tempat Wisata Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!

Itulah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kencur untuk kesehatan memang sangat beragam dan telah dikenal secara turun-temurun.

Ada banyak pula cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan ekstrak kencur, seperti membuat ramuan jamu, masker, atau memakannya langsung setelah dicuci bersih.

Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat kencur secara aman, ada baiknya berkonsultasi ke dokter profesional terlebih dahulu.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat