visitaaponce.com

Penyaluran Bansos Kerap Tak Libatkan Kemensos, Risma Dinilai Perlu Mundur

Penyaluran Bansos Kerap Tak Libatkan Kemensos, Risma Dinilai Perlu Mundur
Menteri Sosial Tri Rismaharini.(Dok. Antara)

TRI Rismaharini alias Risma dinilai perlu mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial (Mensos). Sebab, Risma dinilai tak dilibatkan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dilakukan pemerintah.

"Kalau buat saya perlu (mundur) ya," kata Guru Besar Ilmu Politik Ikrar Nusa Bhakti dalam program Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Bansos Dipolitisasi Demi Dinasti?' di akun YouTube Medcom.id, Minggu, 21 Januari 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap melibatkan menteri selain Risma dalam penyaluran bansos. Sementara, Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan otoritas yang memiliki kewenangan itu.

Baca juga : Bansos Sangat Jelas Digunakan sebagai Alat Politik, Ini Argumennya

"Dia mundur karena dia tidak diberikan ya otoritas penuh, untuk melaksanakan pembagian bansos itu sesuai dengan kriteria yang ada dilakukan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, itu yang harus dikatakan oleh beliau," jelas Ikrar.

Selain itu, Risma perlu mundur bukan dengan membawa embel-embel sebagai politikus PDIP. Risma dinilai perlu mundur karena sebagai pejabat publik yang punya kewenangan untuk penyaluran bansos tak pernah dilibatkan.

"Bahkan jika perlu dia mengatakan dia mundur, bukan dia sebagai orang PDIP yang kemudian punya perasaan ikatan batin dengan PDIP, tapi dia sebagai pejabat publik," ucap Ikrar.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat