visitaaponce.com

Waspada Banjir Rob di Pesisir Wilayah Indonesia

Waspada Banjir Rob di Pesisir Wilayah Indonesia
BMKG memperingatkan potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir pantai pada 24-30 Januari 2024. (Antara)

PEJABAT Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan terkait potensi banjir rob yang akan mengancam sejumlah wilayah, terutama di pesisir pantai, pada rentang waktu 24-30 Januari 2024. 

Peringatan yang dikeluarkan melalui Instagram @ppid_bmkg itu dipicu fenomena fase Bulan Purnama, yang berpotensi menyebabkan peningkatan pasang air laut maksimum.

Banjir rob, yang merupakan dampak dari fase Bulan Purnama, memiliki potensi untuk meningkatkan ketinggian pasang air laut secara signifikan. Berdasarkan pemantauan data tinggi permukaan air dan prediksi pasang surut yang disediakan BMKG, wilayah-wilayah berikut ini mungkin akan menghadapi risiko banjir rob:

Baca juga: Banjir Rob di Pesisir Jakarta pada 21-27 Januari 2024 Ancam Wilayah Ini

  1. Pesisir utara Banten pada 24-25 Januari 2024.
  2. Pesisir utara Jakarta pada 22-28 Januari 2024.
  3. Pesisir kabupaten Brebes, kota Tegal, kabupaten Tegal, kabupaten Pekalongan, kota Semarang, dan kabupaten Demak pada 26-28 Januari 2024.
  4. Pelabuhan Surabaya, pesisir barat Surabaya (Gresik, Lamongan, dan Tuban), pesisir timur Surabaya (Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Bangkalan, Sampang, Kresik) pada 25-29 Januari 2024.
  5. Pesisir Loloda, pesisir Morotai, pesisir Taliabu Utara, dan Gebe pada 22-30 Januari 2024.

Banjir rob ini diperkirakan akan berdampak serius pada berbagai sektor, termasuk aktivitas pelabuhan, pemukiman di pesisir, serta tambak garam dan perikanan darat. 

Baca juga: Sebagian Wilayah Jawa Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Ancaman terhadap keseimbangan lingkungan dan ekonomi lokal membutuhkan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi yang cermat dari pihak berwenang dan masyarakat setempat. Kesadaran akan risiko ini penting untuk meminimalkan dampak yang mungkin timbul selama periode yang diingatkan oleh BMKG. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat