visitaaponce.com

Jaga Kesuburan Wanita Pengidap Kanker, Sunfert Sediakan Prosedur OTC

Jaga Kesuburan Wanita Pengidap Kanker, Sunfert Sediakan Prosedur OTC
Tenaga medis bersiap menjalani prosedur medis OTC(Dok. Sunfert)

PUSAT Onkofertilitas swasta di Malaysia, Sunfert International Fertility Centre (Sunfert), menyediakan solusi menjaga kesuburan untuk pasien kanker wanita lewat prosedur Ovarian Tissue Cryopreservation (OTC).

OTC bukan hanya sekadar prosedur medis; tapi diklaim sebagai sebuah harapan baru untuk memberikan peluang kepada para pasien kanker wanita dalam mewujudkan impian memiliki keluarga di masa depan.

Pendiri dan Direktur Sunfert group Wong Pak Seng mengatakan, OTC merupakan teknik revolusioner yang memainkan peran penting dalam menjaga kesuburan pasien kanker wanita. 

Baca juga : Ini Tiga Kelompok yang Perlu Skrining Kanker Paru

“Dengan mempertahankan kemampuan mereka untuk memiliki anak di masa depan, para wanita dan pasien muda ini dapat memberdayakan diri mereka sendiri untuk mewujudkan impian memiliki keluarga saat mereka siap. Sunfert mampu mewujudkan impian mereka menjadi orang tua, bahkan saat menghadapi tantangan medis,” katanya.
 
OTC adalah teknik yang telah terbukti efektif dan inovatif selama lebih dari 25 tahun yang bermula dari Denmark dan Eropa. Proses ini melibatkan pengambilan seluruh ovarium dan pembedahan lapisan kortikal yang mengandung sel telur melalui prosedur laparoskopi. 

Baca juga : Yuk Kenali Faktor Risiko Kanker Paru

Keunggulan utama dari OTC adalah tidak memerlukan obat-obatan, menghilangkan potensi efek samping atau komplikasi. Dengan prosedur yang cepat, hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit, OTC memberikan harapan bagi pasien kanker wanita untuk mempertahankan kesuburan mereka.

Spesialis Kesuburan di Sunfert Mod Faizal Bin Ahmad mengatakan,  OTC sangat cocok untuk gadis pra-pubertas yang mungkin didiagnosis menderita kanker, karena biasanya mereka kekurangan sel telur matang yang cocok untuk dibekukan.

OTC juga merupakan pilihan bagus bagi wanita yang berada dalam usia reproduksi yang tiba-tiba didiagnosis menderita kanker dan perlu segera memulai perawatan kemoterapi atau radioterapi. 

“Dibandingkan dengan metode alternatif seperti pembekuan embrio dan sel telur, OTC menawarkan prosedur yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien dari segi waktu. Prosedur ini memungkinkan pasien kanker wanita untuk menjaga kesuburannya dan mempertahankan harapan mereka untuk memiliki anak di masa depan,” ujarnya.

Sunfert mencatat sejarah dengan melakukan prosedur OTC pada seorang gadis berusia 6 tahun yang didiagnosis menderita kanker neuroblastoma. 

Orang tua gadis tersebut sadar akan pentingnya kesuburan di masa depan putri mereka sehingga memilih OTC sebagai langkah proaktif. Di bawah bimbingan Mohd Faizal bin Ahmad, tim medis berhasil merumuskan protokol sukses untuk memastikan keberhasilan prosedur itu.

Menjaga kesuburan pada pasien kanker muda, terutama bagi kelompok usia di bawah 18 tahun, merupakan pertimbangan yang sangat penting, karena kanker dapat berdampak signifikan terhadap prognosis mereka. 

Kesadaran dini dan prioritas pelestarian kesuburan adalah kunci untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik setelah masa perawatan. Dalam hal ini, OTC memberikan solusi yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien dalam menjaga kesuburan.

Ketika prosedur OTC menjadi lebih lazim dan data penelitian menjadi lebih mudah diakses, terdapat harapan bagi bidang onkofertilitas untuk terus berkembang. 

Mohd Faizal berharap dengan mengatasi potensi kesuburan pasien kanker dan kelangsungan hidup mereka, ada peluang untuk meningkatkan hasil pengobatan kanker secara keseluruhan.

“Jangan biarkan kanker menghalangi impian anda memiliki keluarga. Bersama Sunfert, kita merangkul masa depan yang penuh dengan kebahagiaan,” pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat