visitaaponce.com

Potensi Hujan Lebat Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia

Potensi Hujan Lebat Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia
BMKG memperkirakan hujan ringan hingga lebat masih mengintai sejumlah wilayah Indonesia hingga 28 Februari 2024.(Freepik)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan potensi hujan ringan hingga lebat masih mengintai sejumlah wilayah Indonesia dalam 24 jam terakhir hingga 28 Februari 2024. Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan antara lain Banten, Bali, Nusa Tenggara Timur, DKI Jakarta, dan Yogyakarta.

Prediksi cuaca yang dikeluarkan BMKG menunjukkan hujan dengan intensitas bervariasi masih dapat terjadi hingga awal Februari 2024. Kondisi ini dipicu beberapa faktor.

1. Aktivitas Monsun Asia

Aktivitas monsun Asia, yang disertai dengan potensi serbuan udara dingin, mempengaruhi peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Baca juga: Waspada Cuaca Ekstrem hingga 1 Februari

2. Gelombang Ekuator Rossby dan Kelvin

Aktivitas gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Sejumlah Wilayah Sepekan ke Depan

3. Penguatan Angin Monsun Asia 

Pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator juga merupakan dampak dari penguatan angin monsun Asia.

Prakiraan Cuaca dan Potensi Bencana Alam di Indonesia 

periode 29 Januari - 01 Februari 2024

Selama periode ini, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Daerah-daerah yang termasuk dalam prediksi ini meliputi: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Periode 02 - 04 Februari 2024

Cuaca pada periode ini diprediksi akan cenderung berawan hingga hujan ringan di wilayah Jabodetabek. Meskipun demikian, perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat dan angin kencang sesaat di beberapa wilayah seperti sebagian Tangerang, Kabupaten Bogor, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Potensi Rob dan Gelombang Tinggi

Berdasarkan pemantauan prediksi pasang surut, terdapat potensi terjadinya banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah pesisir Indonesia. Pada tanggal 29 Januari 2024, potensi rob terjadi di pesisir Kalimantan Barat, sementara pada tanggal 29 hingga 30 Januari 2024, potensi rob terdapat di pesisir Maluku Utara.

Selain itu, terdapat juga potensi gelombang tinggi di wilayah Indonesia dengan ketinggian lebih dari 1.25 meter pada tanggal 29 Januari 2024. Gelombang tinggi tersebut terjadi di berbagai daerah, termasuk selat, perairan, dan laut di sepanjang wilayah Indonesia. Misalnya, kategori sedang (1.25 - 2.5 meter) terjadi di beberapa daerah seperti Selat Malaka bagian utara, Samudra Hindia barat Sumatra, dan Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan. Sementara itu, kategori tinggi (2.5 - 4.0 meter) terjadi di beberapa wilayah seperti Laut Natuna Utara, Laut Maluku bagian utara, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua Barat.

BMKG menekankan kepada masyarakat dan instansi terkait untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir, serta angin kencang dalam satu pekan ke depan. 

Wilayah-wilayah dengan topografi curam dianggap rawan terhadap bencana alam seperti longsor dan banjir. Ancaman cuaca ekstrem ini juga dapat menyebabkan masalah lain seperti jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Dalam situasi ini, BMKG mengimbau agar semua pihak memperhatikan peringatan dini dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi dampak yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem tersebut. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat