visitaaponce.com

BMKG Hujan Lebat Berpotensi Landa Sejumlah Wilayah Sepekan ke Depan

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Sejumlah Wilayah Sepekan ke Depan
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Tanah Air bakal dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan. masyarakat pun diminta waspada terhadap situasi cuaca buruk tersebut.

“BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait untuk waspada terhadap potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto melalui keterangan resmi, Senin (29/1).

Ia menjelaskan kondisi tersebut dipicu oleh adanya aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin. Itu akhirnya membuat massa udara basah meningkat di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Baca juga: BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Awal Februari

Lalu masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan.

“Selain itu, terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia,” kata dia.

Adapun, daerah yang berpotensi hujan sedang sampai lebat meliputi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali.

Baca juga: Waspada Banjir Rob di Pesisir Wilayah Indonesia

Selain itu, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Di samping itu, BMKG juga mencatat adanya potensi rob di beberapa wilayah. Yakni pesisi Kalimantan Barat pada 29 Januari 2024 dan pesisir Maluku Utara pada 29-20 Januari 2024.

Guswanto mengimbau, khusus untuk daerah bertopografi curam,bergunung,tebing atau rawan longsor dan banjir untuj tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

“Selalu ikuti update informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca secara real-time hingga level kecamatan melalui apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat