visitaaponce.com

Kebanyakan Gorengan Bisa Sebabkan Berat Badan Anda Naik

Kebanyakan Gorengan Bisa Sebabkan Berat Badan Anda Naik
Ilustrasi--Pedagang menggoreng berbagai macam makanan gorengan di pasar takjil kawasan Karang Menjangan, Surabaya, Jawa Timur.(ANTARA/Didik Suhartono)

BERAT badan Anda mulai naik? Coba cek apakah Anda banyak mengonsusmi gorengan.

Menurut dokter spesialis gizi klinik Yohan Samudra, terlalu banyak mengonsumsi hidangan yang digoreng alias gorengan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

"Pastinya akan ada penambahan berat badan. Hal itu karena di dalam gorengan ada karbohidrat juga selain minyak," ujar Yohan, dikutip Jumat (2/2).

Baca juga : Anda Boleh Makan Gorengan, Asalkan...

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu mengatakan kalori yang ada di dalam minyak hampir dua kali lipat lebih tinggi ketimbang yang ada pada karbohidrat dan protein.

Saat 1 gram karbohidrat dan protein memiliki kalori total empat, pada minyak dalam satu gramnya memiliki total kalori sembilan.

Tidak hanya berat badan, terlalu banyak mengonsumi gorengan bisa menyebabkan munculnya gangguan metabolik seperti kolesterol tinggi, diabetes, dan hipertensi.

Baca juga : Setelah Libur Panjang, Saatnya Medical Check Up

Tingginya jumlah kolesterol jahat atau Low Density Lipoporetin (LDL) dalam tubuh tidak menampilkan gejala khusus. Padahal, LDL meningkatkan risiko penyakit, salah satunya penyakit jantung.

Untuk mengetahui kadar LDL, Anda harus melakukan pemeriksaan di laboratorium.

"Tidak ada gejala khas untuk kolesterol tinggi. Seandainya LDL Anda tinggi maka sudah pasti Anda kebanyakan lemak atai minyak yang jelek. Jika High Density Lipoportein (HDL) yang tinggi berarti lemak yang Anda kondusmi cukup baik kondisinya," papar Yohan.

Baca juga : Ingin Diet Namun Tetap Sehat? Ini Caranya

Indonesia, beradasarkan studi yang dirilis pada 2020 merupakan negara dengan jumlah pengonsumsi minyak goreng terbesar di dunia. 

Konsumsi minmyak goreng yang tinggi itu menyebabkan meningkatnya masalah kesehatan yang dialami warga Indonesia, misalnya hipertensi, kolesterol tinggi, dan asam urat. (AFP/Z-1)

Baca juga : Ini Cara Meningkatkan Berat Badan yang Benar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat