visitaaponce.com

Panada Manado Jadi Primadona di Festival Kopi Nusantara

Panada Manado Jadi Primadona di Festival Kopi Nusantara
Panada manado di Festival Kopi Nusantara, Jumat (2/2/2024)(MI/Sarah Tri Wulandari )

Sejak tanggal 1 Februari 2024, Festival Kopi Nusantara di Media Indonesia telah menjadi panggung bagi para penikmat kopi dan jajarannya. Namun, yang menarik perhatian adalah kuliner khas asal Manado, yaitu Panada isi Cakalang. 

Panada sendiri merupakan camilan berjenis roti yang mirip dengan pastel. Meskipun berbentuk serupa dengan pastel, namun teksturnya sangat berbeda dengan pastel. Uniknya, panada ini menggabungkan kelembutan roti dan tekstur empuk ikan cakalang, hingga membuatnya mempunyai ciri khas tersendiri saat dimakan langsung. 

Gigitan pertama, lidahmu akan disambut dengan lembutnya roti dan harumnya ikan cakalang. Rasa manis, gurih, sedikit pedas bercampur dalam mulut menghasilkan rasa khas yang sangat melekat pada provinsi Sulawesi Utara. Dijual dengan harga Rp10.000 per pcs, lidahmu tidak akan merasa rugi karena dapat merasakan makanan khas Manado asli dari Manado. 

Baca juga : Susah Lepas Junk Food? Ganti Dengan Ini Dijamin Nagih

Saat masuk ke area tenant, suasana harum semerbak dari stand De Panada yang berada di ujung jajaran tenant menarik perhatian setiap pengunjung yang melangkah di Festival Kopi Nusantara. 

Bu Enni, sang owner, menyambut para pengunjung dengan senyuman. Saat ditemui di tenant tersebut, Enni menuturkan, dalam festival kopi tahun ini, ia membawakan tiga varian panada, seperti cakalang, ayam  dan sapi. Namun, varian cakalang menjadi incaran utama, bahkan berhasil menembus penjualan seribu pcs dalam satu hari.

"Kemarin, seribu pcs habis dalam sehari. Kami menyajikan berbagai varian panada, termasuk isi Cakalang, ayam, dan sapi," ungkap Bu Enni, pemilik De Panada di Festival Kopi Nusantara pada Jumat (2/2).

Baca juga : Resep Biji Ketapang, Makanan Khas Maluku

Enni, perempuan asli Manado ini memiliki harapan besar terkait eksposur kuliner khas Sulawesi ini. Dengan menjual menu khas daerahnya, ia berupaya memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang keberagaman makanan asli Indonesia. 

Lebih dari sekadar kuliner, De Panada membawa kearifan lokal Sulawesi lewat cita rasa yang menggugah selera.

"Harapan saya, semua orang suka dan tahu apa itu panada," tambah Bu Enni.

Baca juga : Camilan Berprotein Tinggi Bantu Penuhi Nutrisi Pehobi Olahraga

Selain panada, adapun risol, roti canai, siomay dan donat yang menjadi kudapan pilihan di tenant De Panada pada Festival Kopi Nusantara. 

Lewat bu Enni, panada menjadi sorotan utama, memperkenalkan warisan kuliner Sulawesi dengan penuh semangat dan kelembutan cita rasa. Festival Kopi Nusantara tahun ini tak hanya menjadi ajang pecinta kopi, tetapi juga membuka pintu ke dunia kuliner Nusantara yang kaya dan menggugah selera. (Z-10)

Baca juga : Ini Penyebab Alergi Kambuh Saat Makan Camilan 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat