visitaaponce.com

4 Pengusaha yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader

4 Pengusaha yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader
Para tokoh yang terpilih dalam The Indonesia Next Leaders(MI/Susanto)

MEDIA Indonesia dengan Solutee.id meluncurkan buku The Indonesian Next Leader dalam rangkaian acara HUT Ke-54 Media Indonesia pada Kamis (1/2/2024). Buku The Indonesian Next Leader dilahirkan setelah melakukan riset, wawancara, dan kurasi yang dilakukan oleh para panelis selama dua setengah bulan dan menghasilkan 18 tokoh inspiratif yang terbagi dalam empat kategori, yakni klaster pemimpin daerah, pejabat publik, akademisi, dan pengusaha.

Berikut adalah tokoh inspiratif yang berpotensi jadi pemimpin Indonesia di masa depan dari klaster pengusaha:

1. Ketum DPP Realestate Indonesia (REI) Joko Suranto

Baca juga : 5 Akademisi yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader

Joko Suranto merupakan bos dari Buana Kassiti Group. Dikutip dari situs resminya, perusahaan ini berawal dari satu proyek perumahan di daerah Tasikmalaya pada tahun 2004 dengan nama 'Bumi Sentra Mas' yang cukup sukses. Setelah itu, pihak manajemen mulai aktif membuat berbagai proyek perumahan di berbagai kota, seperti Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Purwakarta, dengan target pasar pada umumnya masyarakat kalangan sederhana.

Lambat laun perusahaan ini mulai merangkak menjadi sebuah entitas yang cukup diperhitungkan di bidang properti, terutama di kota Bandung dan sekitarnya. Karena berkembang dengan pesat, pada tahun 2008 dibentuklah suatu holding company (perusahaan induk) dengan nama Buana Kassiti dengan PT Abadi Kreasi Mandiri, PT Cikal Buana Persada, PT Persada Bumi Kencana dan PT Kibar Buana Persada sebagai anak perusahaan.

Pendiri & Direktur PT. METAMIND Tata Cendekia sekaligus panelis buku The Indonesian Next Leader Mariani Ng mengungkapkan keberhasilan Joko tak lepas dari kebaikan yang telah diperbuat untuk masyarakat. Kebaikan yang salah satunya dilakukan ialah rela mengocek kantong sendiri hingga Rp2,8 miliar untuk memperbaiki jalan di desanya di Jetis, Kabupaten Grobogan. 

Baca juga : Ini Pejabat Publik yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader

"Jangan takut berbuat baik. Itu yang saya tangkap dari beliau, saya tersentuh bagaimana beliau memiliki nilai dari keluarga yang diterjemahkan dalam bentuk tindakan yang nyata. Salah satunya membangun jalan tadi. Sehingga tak salah beliau dijuluki crazy rich from Grobogan. Luar biasa," kata Mariani, di Jakarta, Kamis (1/2).

2. Ketua APINDO Shinta Widjaja Kamdani

CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) 2023-2028 secara aklamasi. Shinta menggantikan Hariyadi Sukamdani (2014-2023, 2019-2023). Penetapan Shina sekaligus menjadikannya ketua umum perempuan pertama di organisasi yang dibentuk pada 31 Januari 1952 itu.

Baca juga : Ini 4 Pemimpin Daerah yang Berpotensi Jadi The Indonesian Next Leader

Shinta Widjaja Kamdani pemilik dan CEO Sintesa Group yang memiliki beragam bisnis di bidang energi, konsumer, manufaktur dan properti. Entitas di bawah perusahaan ini seperti PT Tira Austenite Tbk. (TIRA), Konglomerasi ini juga memiliki saham di PT Tigaraksa Satria Tbk. (TGKA), produsen lilin ramah lingkungan melalui PT Biolina Trio Sintesa.

Di bidang energi terbarukan, Sintesa Green Energy menjadi motor penggerak. Ada juga bisnis pembangkit listrik berbahan bakar gas 110 MW melalui PT Meppo Gen. Sedangkan di properti, perusahaan memiliki PT Puncak Mustika pengelola Sintesa Hotels, PT Menara Peninsula, Resort di Kepulauan Seribu melalui PT Hiyu Permai, hingga KEK Likupang melalui PT Minahasa Permai Resort Development.

3. Dirut PT. Martina Berto, Tbk Bryan David Emil Tilaar

Baca juga : Membingkai Kota Makassar Lewat Inovasi Lorong, Wali kota Raih Penghargaan The Indonesians Next Leaders

Bryan David Emil Tilaar merupakan Direktur Utama PT Martina Berto, Tbk, perusahaan yang didirikan pada tahun 1977 oleh Dr HC. Martha Tilaar, Pranata Bernard, dan Theresa Harsini Setiady.

Perusahaan ini bergerak dalam barang kosmetik dan obat tradisional (jamu), pemasaran dan Niaga kosmetik, perawatan kecantikan dan barang obat tradisional.

Selain itu, perusahaan memiliki dukungan dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh anak perusahaannya, PT Cedefindo, yang kosmetik manufaktur kontrak atau makloon dengan kering, semi-padat, cair, dan aerosol. PT Martina Berto juga memiliki layanan formulasi, pendaftaran, pembuatan bahan baku / kemasan, proses produksi, pengemasan, dan satu-stop layanan logistik untuk internal Martha Tilaar Group dan eksternal kepada perusahaan.

Baca juga : Inovasi D’Lor Hantar Danny Pomanto Jadi The Indonesian Next Leader

Mariani mengungkapkan Brian lahir dari keluarga pengusaha dan sejak kecil telah diajarkan bisnis. Meski tumbuh dari keluarga pengusaha besar, Brian tetap rendah hati dan menapaki karir dari nol sebagai management trainee di PT Martina Berto.

"Satu hal yang saya petik dari beliau adalah bagaimana beliau melihat secara sistemik, bukan hanya bisnis secara satu skop kecil, tapi bagaimana beliau melihat dari sistemik yang lebih besar. Beliau mengatakan winning stakeholder, winning business partner, winning people, jadi jangan hanya winning by yourself," katanya.

4. Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia Intan Abdams Katoppo

Baca juga : Stimulus Usaha 2024 Belum Menggema, REI Minta Menteri Ekonomi Kembali Bekerja

Intan Abdam Katoppo telah malang melintang di perusahaan swasta maupun negeri. Ia mengemban sejumlah jabatan strategis, salah satunya sebagai Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) dan kini menjadi Transformation and Services Director PT Panasonic Gobel Indonesia

"Satu hal yang menarik perhatian saya Intan dari swasta, kemudian menangani BUMN, kemudian swasta lagi. Beliau juga hidupnya nomaden dan berpindah-pindah, tapi beliau membagikan apa yang telah dipelajari dalam bentuk nyata," kata Mariani. (Z-7)

Baca juga : Kolaborasi Pengusaha dan Akademisi Dibutuhkan untuk Atasi Stunting

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat