visitaaponce.com

Mengenal Kanker Sarkoma

Mengenal Kanker Sarkoma
Apa sebenarnya kanker sarkoma? Simak penyebab, gejala, dan faktor risiko, serta pengobatannya kanker yang termasuk langka ini. (Freepik)

MELALUI akun Instagram, artis Alice Norin mengumumkan kabar ia mengidap penyakit kanker sarkoma yang mengharuskan mengangkat rahimnya. 

Kanker sarkoma jaringan lunak adalah penyakit langka. Meskipun langka kanker ini merupakan salah satu bentuk kanker yang memiliki dampak yang sangat mengganggu bagi para penderitanya. 

Dengan jumlah kasus yang hanya mencapai sekitar 1% pada orang dewasa dan 7%-10% pada anak-anak dan dewasa muda, kondisi ini masuk ke dalam kategori tumor ganas yang jarang ditemui. 

Baca juga : 15 Pesan Semangat untuk Peringati Hari Kanker Anak Sedunia

Namun, langkanya kejadian ini tidak menyurutkan urgensi untuk memahami penyebab, gejala, dan faktor risiko terkait dengan kanker sarkoma.

Mengutip dari Halodoc, kanker sarkoma terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di jaringan lunak tubuh, yang dapat terjadi di mana saja pada tubuh. Meskipun secara umum jarang, kondisi ini dapat menyerang berbagai bagian tubuh, mulai dari perut, lengan, hingga tungkai. 

Tingkat risiko untuk mengalami kanker sarkoma juga cenderung meningkat seiring bertambahnya usia seseorang yang menderita.

Baca juga : Kesenjangan Upaya Pencegahan dan Pengobatan Kanker Harus segera Diatasi

Salah satu aspek yang paling membingungkan tentang kanker sarkoma adalah penyebabnya yang belum sepenuhnya dipahami. Namun, beberapa teori menunjukkan mutasi DNA dalam sel-sel tubuh dapat menjadi pemicu utama dan dapat membentuk sebuah tumor.

Menurut dokter obgyn Boyke Dian Nugraha, kanker sarkoma sering ditemukan  menjangkit perempuan yang sudah memasuki masa menopause. Gejala awalnya penderita akan mengalami  pendarahan yang tidak berhenti meski sudah mengkonsumsi obat. 

Pemahaman yang lebih baik tentang gejala kanker sarkoma juga menjadi krusial. Pasalnya pada tahap awal, gejala kanker sarkoma mungkin tidak terdeteksi dengan jelas, tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya ukuran tumor, gejala seperti benjolan yang nyeri, rasa sakit yang tiba-tiba di lokasi tumor, atau gangguan pada saraf sensorik atau motorik dapat muncul pada penderita. 

Baca juga : Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Baik untuk Mencegah Kanker

Meskipun demikian, deteksi dini dan pemahaman akan faktor risiko yang terkait dengan kanker sarkoma dapat membantu dalam penanganan dan pengobatan yang lebih efektif. 

Faktor-faktor lainnya seperti paparan bahan kimia tertentu, terapi radiasi sebelumnya untuk kanker, serta predisposisi genetik dapat meningkatkan risiko terkena kanker sarkoma.

Lebih lanjut, dalam artikel ini akan menjelajahi lebih jauh tentang kanker sarkoma jaringan lunak, termasuk penyebabnya, gejalanya, serta langkah-langkah pencegahan dan pengobatan yang dapat diambil untuk mengatasi kondisi ini.

Baca juga : HPV Ternyata Juga Sebabkan Kanker Anus

Penyebab Kanker Sarkoma

Meskipun penyebab pasti terjadinya kanker sarkoma belum sepenuhnya dipahami, mutasi pada DNA di dalam sel diidentifikasi sebagai salah satu faktor pemicunya. Mutasi ini dapat mengakibatkan sel-sel abnormal yang berkembang di luar kendali dan membentuk tumor di jaringan lunak atau tulang. 

Sementara penyebab utama mutasi DNA masih menjadi misteri, beberapa faktor seperti paparan bahan kimia tertentu, terapi radiasi sebelumnya untuk kanker, serta predisposisi genetik dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker sarkoma.

Gejala dan Jenis Kanker Sarkoma

Mengenali gejala kanker sarkoma tidak selalu mudah karena pada tahap awal, tumor tersebut mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, seiring bertambahnya ukuran tumor, gejala seperti benjolan yang nyeri, rasa sakit yang tiba-tiba di lokasi tumor, atau gangguan pada saraf sensorik atau motorik dapat muncul. 

Baca juga : Cegah Penyakit Degeneratif dengan Produk Berbahan Dasar Alam

Dikutip dari Jhon Hopkins Medicine, gejala sarkoma tulang yang umum meliputi

  1. Nyeri dan pembengkakan pada lengan, tungkai, batang tubuh, panggul, atau punggung; pembengkakan mungkin terasa hangat atau tidak saat disentuh.
  2. Rentang gerak yang terbatas pada sendi tertentu.
  3. Demam tanpa penyebab yang jelas.
  4. Patah tulang tanpa sebab yang jelas.

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini juga dapat terjadi pada berbagai kondisi medis lainnya. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Selain itu, ada dua kelompok utama kanker sarkoma, yaitu sarkoma jaringan lunak dan sarkoma tulang. Sarkoma jaringan lunak berkembang dari jaringan lunak tubuh dan sering ditemukan di lengan, kaki, dada, atau perut, sementara sarkoma tulang lebih umum terjadi pada anak-anak dan berkembang di tulang.

Baca juga : Belajar dari Perjuangan Kiki Fatmala Melawan Kanker: Pentingnya Hidup Sehat

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan untuk kanker sarkoma biasanya melibatkan kombinasi terapi seperti pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan terapi targetted. Namun, keberhasilan pengobatan tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kanker sarkoma, lokasi, dan seberapa awal kanker tersebut dideteksi.

Pencegahan kanker sarkoma dapat dilakukan dengan menghindari paparan bahan kimia berbahaya, menjaga gaya hidup sehat, dan rutin memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter. Deteksi dini melalui pemeriksaan rutin juga penting untuk meningkatkan prognosis dan efektivitas pengobatan. (Z-3)

Baca juga : Support System untuk Pasien Kanker Paru Jadi Kunci dalam Mempertahankan Kualitas Hidup

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat