visitaaponce.com

Ini Cara Tangani Caleg Gagal di Pemilu supaya tidak Kena Gangguan Jiwa

Ini Cara Tangani Caleg Gagal di Pemilu supaya tidak Kena Gangguan Jiwa
Ilustrasi(Metrotvnews)

Psikiater Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Agus Japari, mengungkapkan dukungan pihak keluarga sangat penting dan dibutuhkan bagi para calon legislatif (caleg) yang gagal pada Pemilu 2024. Support system dibutuhkan untuk mencegah mereka depresi atau terkena gangguan jiwa.

"Dukungan keluarga penting sekali. Itu harus ada dan bagus. Dengan begitu, caleg gagal bisa bertahan, normal kembali, tidak larut dengan kegagalannya dan mereka bisa kembali bekerja," ujar Agus di Makassar, Senin (19/2).

Menurutnya, keluarga harus mengambil peran dalam meningkatkan semangat para caleg gagal. Support system juga bisa datang dari luar keluarga, seperti teman-teman dan lingkungan. Itu dinilai sangat berpengaruh terhadap kesehatan kejiwaan para caleg gagal untuk bisa lebih menerima kenyataan.

Baca juga : Simak 3 Tips Berikut, Agar Caleg Tidak Stress Usai Pileg 2024

"Support system ini harus selalu memberi dukungan, semangat, dan nasehat, karena siapapun itu jika gagal pasti akan menurun semangatnya. Jika tidak dibantu, akan terganggun kesehatan jiwanya," tutur dokter spesialis kejiwaan itu.

Namun jika pun ada yang mengalami sakit karena gagal menjadi anggota legislatif, psikiater Sulsel itu mengimbau anggota keluarga untuk terus mendampingi dan harus datang melakukan konsultasi.

Dari sana, akan dilihat seberapa berat gangguan jiwa yang dialami pasien. Adapun tahapan gangguan kejiwaan tersebut diawali dengan kecemasan, khawatir berlebih yang berakibat pada susah tidur atau insomnia, dan selanjutnya banyak pikiran hingga semakin lama hilang semangat, lalu akhirnya depresi.

Baca juga : Caleg Tanpa Tujuan Jelas Rentan Alami Gangguan Mental

Kesehatan jiwa para caleg gagal juga menjadi perhatian pemerintah pusat. Kementerian Kesehatan mengimbau seluruh Rumah Sakit Jiwa (RSJ) se-Indonesia untuk mempersiapkan pengobatan bagi mereka. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat