visitaaponce.com

Tb Resisten Obat 80 Pengaruhi Ekonomi Keluarga

Tb Resisten Obat 80% Pengaruhi Ekonomi Keluarga
Petugas medis memperlihatkan hasil rontgen paru-paru warga terindikasi TBC, di Jakarta, Desember 2023.(Antara/Anggraini)

TIM Kerja TBC Kementerian Kesehatan Nurul Badriyah mengatakan hampir 30-80% rumah tangga yang anggota keluarganya terdapat pasien Tuberkulosis (Tb) ekonominya terganggu. Sehingga butuh langkah mitigasi dan bantuan dari pemerintah.

"Salah satu isu terkait perlindungan sosial bahwa pemerintah pusat dan daerah wajib memberikan perlindungan sosial kepada pasien Tb khususnya adalah pasien-pasien Tb Resisten Obat (Tb RO)," kata Nurul dalam diskusi secara daring, Selasa (22/2).

"Pasien Tb RO di Indonesia sudah melebihi dari 20% kalau pada pasien Tb sensitif itu 30% mempengaruhi pendapatan rumah tangga dari pasien tersebut. Kalau resisten malah lebih tinggi, sampai 80%," tambahnya.

Baca juga : Cegah Kenaikan Kasus, Pemerintah Gencarkan Skrining Tb Anak

Sehingga perlu dilakukan mitigasi, walaupun sudah ada jaminan kesehatan melalui jaminan sosial, tapi ada juga mekanisme yang lain, seperti financial protection yang lain melalui tadi, melalui Kementerian Sosial.

"Memang secara umum 30% atau 80% untuk pasien Tb RO yang kehilangan pendapatannya itu kebanyakan sebagian besar adalah untuk atau berhubungan tidak langsung ya tidak langsung atau di luar kesehatan sebagian besar adalah memang kehilangan pendapatan, travel cost dan juga berhubungan support nutrisi untuk proses pemulihan," ungkapnya.

Pengobatan Tb RO sudah ada yang 6 bulan tetapi masih ada juga yang harus menerima pengobatan 9 bulan atau sampai 12 bulan sehingga pasien tidak dapat bekerja selama masa pengobatan tersebut. Lamanya terapi tersebut menyebabkan pasien berhenti di tengah jalan sehingga menyebabkan para pasien resisten terhadap obat.

Dokter Spesialis Paru dr Erlina Burhan melakukan penelitian terapi Tb yang bisa dilakukan hanya selama 4 bulan dengan menggunakan obat isoniazid, moxifloxacin, pyrazinamide, dan rifapentine. Rifapentine merupakan obat turunan dari rifampicin namun efektivitasnya 5 kali lipat. Sehingga memungkinkan penyembuhan menjadi 4 bulan.

"Semakin pendek terapi Tb maka meningkatkan kepatuhan pasien kemudian pasien patuh maka mengurangi resisten obat sehingga mempercepat upaya pemberantasan Tb," ucapnya. (Iam/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat