visitaaponce.com

Pelantikan Pengurus IAEI Malaysia Sinergi Menuju Ekonomi dan Keuangan Syariah yang Maju

Pelantikan Pengurus IAEI Malaysia: Sinergi Menuju Ekonomi dan Keuangan Syariah yang Maju
Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Malaysia periode 2024-2028.(Dok. IAEI Malaysia)

   KEPENGURUSAN baru Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Malaysia, sebuah organisasi yang mewadahi para akademisi dan praktisi ekonomi Islam di Malaysia, hari ini (Jumat; 23/2) resmi dilantik untuk masa bakti periode 2024-2028. Acara pelantikan yang diadakan di International Institutefor Halal Researchand Training (INHART), International Islamic University Malaysia (IIUM) ini dihadiri Wakil Ketua Umum DPP IAEI dan jajarannya, serta akademisi, dan praktisi baik secara offline maupun online melalui sambungan zoom.

   IAEI merupakan salah satu organisasi profesi terbesar di Indonesia dengan konektivitas yang luas. Adapun, DPW IAEI Malaysia merupakan salah satu Dewan Pengurus Wilayah khusus yang berada di luar negeri selain Inggris dan Bahrain.
Pelantikan ini dilakukan oleh Dr. Irfan Syauqi Beik, Wakil Ketua Umum VI DPP IAEI. Dalam sambutannya, dia menekankan peran strategis DPW IAEI Malaysia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, mengingat Malaysia merupakan salah satu negara dengan industri keuangan syariah terbesar secara global.

   “Keberadaan DPW IAEI Malaysia diharapkan dapat menjadi jembatan antara Indonesia dan Malaysia dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah,” ujar Dr. Irfan. “DPW IAEI Malaysia juga dapat menjadi platform bagi para akademisi dan praktisi di kedua negara untuk bertukar ide dan gagasan, serta melakukan kolaborasi penelitian dan pengembangan.”

Baca juga : Indonesia Naik Peringkat di Laporan SGIE Terbaru

   Prof. Irwandi Jaswir, MSc, Phd, yang terpilih sebagai Ketua DPW IAEI Malaysia periode 2024-2028, menyampaikan komitmennya untuk menjadikan DPW IAEI Malaysia sebagai organisasi yang terdepan dalam pengembangan riset ekonomi dan keuangan syariah, serta industri halal.

   “Kami ingin menjadikan DPW IAEI Malaysia sebagai pusat rujukan bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia,” ujar Irwandi. “Kami juga ingin berkontribusi dalam pengembangan industri halal, yang memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu pendorong utama sektor ekonomi di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim seperti Indonesia dan Malaysia.”

   Kepengurusan DPW IAEI Malaysia periode 2024-2028 ini didukung oleh dewan pembina yang terdiri dari para pakar ekonomi dan keuangan syariah terkemuka, termasuk Prof. Dr. M. Firdaus, SP, M.Si (Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Malaysia) dan Dr. Muntaha Artalim Zaim (AssistantProf IIUM).

   Pelantikan ini menandai babak baru bagi DPW IAEI Malaysia dalam berkontribusi pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Dalam kepengurusan ini terdapat empat area riset utama yang menjadi fokus pengembangan program, yakni industri halal, perbankan dan keuangan syariah, filantropi dan keuangan sosial Islam, serta bidang riset keberlanjutan dan pembangunan ekonomi.

   Dengan sinergi dan kolaborasi antara para akademisi, praktisi, dan pemuka ekonomi Islam, DPW IAEI Malaysia diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mewujudkan ekonomi dan keuangan syariah yang maju dan berkelanjutan.(RO/H-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Soelistijono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat