visitaaponce.com

Bacaan Niat Sholat Subuh Beserta Doa Qunut

Bacaan Niat Sholat Subuh Beserta Doa Qunut 
Niat salat atau sholat subuh(Freepik)

PERBUATAN yang dilakukan oleh seseorang, sejatinya, dimulai dari niat termasuk mengerjakan salat Subuh atau sholat Subuh. Niat menjadi pondasi utama yang membedakan antara suatu perbuatan sebagai ibadah kepada Allah SWT atau sekadar tindakan biasa.

Ketika niat didasarkan pada tujuan yang mulia, maka setiap langkah yang diambil akan menjadi peluang untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Keikhlasan merupakan elemen kunci dalam pelaksanaan ibadah, termasuk dalam konteks lingkungan kerja Jika seseorang bermaksud menjadikan pekerjaannya sebagai bentuk ibadah, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda, selain dari keberhasilan dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga : Niat Sholat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya

Menurut pemahaman bahasa, niat memiliki makna yang luas, mencakup kesengajaan, tujuan, keinginan, dan tekad yang kuat. Sebuah tindakan yang dilandasi oleh niat yang baik dan ikhlas akan membawa dampak yang luar biasa, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Dalam konteks pelaksanaan salat atau sholat fardhu, niat menjadi hal yang sangat penting. Sebuah niat yang benar akan menentukan sah tidaknya suatu ibadah. Untuk sholat Subuh, misalnya, terdapat perbedaan antara bacaan niat ketika sholat sendiri dan saat sholat berjamaah. Ketidakbenaran dalam menyampaikan niat dapat mempengaruhi validitas pelaksanaan sholat. 

Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap orang yang sedang melakukan ibadah untuk mengucapkan niat dengan tepat dan sungguh-sungguh. Ini bertujuan agar setiap amalan ibadah yang dilakukan tidak sia-sia dan dapat memperoleh pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Baca juga : Niat Salat Tahajud, Tata Cara, dan Doa Setelahnya

Sholat Subuh, yang terdiri dari dua rakaat, memiliki keistimewaan yang unik di antara sholat fardhu lainnya. Keutamaan ini tercermin dalam surat Al-Quran, di mana Allah SWT secara khusus menyebutkan sholat Subuh sebagai sholat yang disaksikan oleh para malaikat.
 

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Arab latin: aqimish-shalâta lidulûkisy-syamsi ilâ ghasaqil-laili wa qur'ânal-fajr, inna qur'ânal-fajri kâna masy-hûdâ 

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin, dan Terjemahan

Jalankanlah ibadah sholat dari waktu setelah matahari tenggelam hingga malam gelap, dan juga dirikanlah sholat Subuh. Karena sesungguhnya sholat Subuh menjadi saksi (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra, ayat 78)

Dengan demikian, menjalankan ibadah dengan niat yang benar dan sungguh-sungguh bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga merupakan pintu menuju keberkahan dan keutamaan yang luar biasa dari Allah SWT. Maka dari itu, marilah kita jadikan niat yang tulus sebagai langkah pertama dalam setiap perbuatan, sehingga setiap langkah yang kita ambil menjadi ladang pahala yang berlipat ganda di sisi-Nya.

Niat Salat Subuh 

Niat Salat atau Sholat Subuh dilakukan Sendiri

Baca juga : Amphuri: Masih Banyak Jemaah Memilih Travel Dibanding Umrah Backpacker

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Arab latin: Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

Baca juga : Menag Yaqut: Tidak Boleh Ada Lagi Umat yang Kesulitan Bangun Rumah Ibadah

Niat Salat atau Sholat Subuh saat Menjadi Makmum

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Arab latin: Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Baca juga : Bacaan Doa Qunut sesuai Sunnah Rasulullah SAW, Amalkan saat Salat Subuh

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.

Niat Sholat Subuh saat Menjadi Imam

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Baca juga : Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

Arab latin: Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Subuh

Setelah mengetahui bacaan niatnya, berikut tata cara sholat subuh dari awal sampai akhir yang menggunakan qunut.

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Salat Subuh Arab, Latin dan Artinya

1. Membaca niat sholat subuh sesuai keadaan baik secara sendiri, sebagai imam, atau sebagai makmum.

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah 

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Ashar Lengkap Beserta Keutamaannya

اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Arab latin: Allahu akbar kabiro wal-hamdulillahi katsira wa subhanallahi burotan wa ashila inni wajahtu wajhiya lilladzi fatharassamawaaati wal-ardho hanifan musliman wa maa ana minal-musyrikin. Inna sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi robbil-alamin. La syarikallahu wa bidzaalila umirtu wa ana minal-muslimin,”

Artinya: Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang, aku menghadapkan wajahku kepada Pencipta langit dan bumi dengan penuh ketaatan dan tunduk, bukanlah termasuk dalam golongan yang menyekutukan-Nya. Segala salat yang kutunaikan, ibadahku, kehidupan, dan kehidupanku sepenuhnya diabdikan hanya kepada Allah, Tuhan yang Maha Esa dan Penguasa Semesta Alam, yang tidak memiliki rekan atau sekutu. Dengan itulah aku tunduk pada perintah-Nya, dan aku adalah seorang muslim.

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

4. setelah itu Membaca surah wajib Al-Fatihah

5. Membaca surat pendek Al Quran (sesuai kemampuan)

6. Kemudian rukuk

Baca juga : Ini Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Tata Cara Melakukannya

7. Setelah itu I'tidal

8. Sujud dengan khusuk

9. Duduk di antara dua sujud

Baca juga : Niat Sholat Jenazah Lengkap dari Bacaan Hingga Tata Caranya

10. Bangkit dari sujud dan memulai rakaat kedua

11. Rukuk dengan tuma'ninah

12. I'tidal

Baca juga : Doa untuk Pengantin Baru Sesuai Ajaran Nabi Muhammad Saw

13. Setelah melakukan i'tidal dan membaca Qunut, 

Doa Qunut:

Dalam sholat Subuh pada rakaat kedua, saat berdiri tegak dari rukuk setelah membaca "Rabbana lakal-hamdu", kemudian kita membaca doa Qunut. Berikut adalah bacaannya:

"اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ، وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ

Baca juga : Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin, dan Arti Sesuai Anjuran Nabi Muhammad Saw

"Allahummahdini fi man hadayt, wa 'aafini fii man 'aafai t, wa tawallanii fii man tawallayta, wa baarik lii fii maa a'thayta, wa qini syarra maa qodhayta, fa innaka taqdii wa laa yuqdhaa 'alayka, wa innahu laa yadzillu man waalayta, wa laa ya'izzu man 'aadhaayta. Tabarakta Rabbanaa wa ta'aalayta, falakal-hamdu 'alaa maa qodhoita. Astaghfiruka wa atubu ilaika, wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin nabiyyil-ummiyyi wa 'ala aalihi wa ashhaabihii wa sallam."

Doa tersebut memiliki makna sebagai berikut:

"Ya Allah, berikanlah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk kepada orang-orang yang telah Engkau tunjuki. Berikanlah aku kesehatan sebagaimana Engkau memberikan kesehatan kepada orang-orang yang telah Engkau berikan kesehatan. Berikanlah berkah pada segala pemberian yang telah Engkau berikan kepadaku. Lindungilah aku dari segala kejahatan yang telah Engkau tetapkan. Sungguh, tidak akan merendahkan orang-orang yang Engkau beri kekuasaan, dan tidak akan dimuliakan orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Berkah dan Maha Mulia. Segala puji bagi-Mu atas segala ketentuan-Mu. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah melimpahkan rahmat, berkah, dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya."

Baca juga : Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaan dan Manfaatnya

14. Setelah selesai qunut, Sujud dengan khusuk

15. Duduk di antara dua sujud

16. Tasyahud akhir

17. Terakhir lakukan dua kali salam

Dengan menjalankan sholat Subuh dengan penuh khidmat dan khusyu, harapannya kita dapat mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT serta menjaga koneksi spiritual kita dengan-Nya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat