visitaaponce.com

Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya

Doa Masuk Rumah Latin dan Artinya, Serta Keutamaannya
freepik(freepik)

Doa masuk rumah termasuk ke dalam salah satu bacaan doa yang harus dilafalkan oleh umat muslim ketika memasuki rumah. Rasulullah pun mencontohkan untuk selalu membaca doa sebelum masuk rumah demi memperoleh keberkahan dari Allah

Dengan membaca doa tersebut ketika memasuki rumah, hal ini menandakan bahwa kamu selalu mengingat dan melibatkan Allah dalam berbagai aktivitas keseharian. Termasuk ketika memasuki rumah. 

Lantas bagaimana bacaan doa memasuki rumah? Ini dia penjelasan seputar doa masuk rumah lengkap dengan keutamaannya. 

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

Mengenal Apa Itu Doa Masuk Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa doa masuk rumah merupakan sebuah bacaan yang perlu dilafalkan ketika hendak memasuki sebuah tempat tinggal. Alasannya tidak lain yaitu untuk mencari keberkahan, keselamatan de ketentraman. 

Bukan hanya itu saja, dengan menyebut nama Allah dalam doa tersebut kamu juga akan lebih mudah mengingat Allah setiap saat dan di mana pun. 

"Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika memasuki dan meninggalkan rumah. Dengan menyebut nama Allah, kami masuk dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal). Selanjutnya, hendaklah memberi salam pada anggota keluarganya." (Hadits riwayat Abu Daud no. 5096).

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Meski hadits tersebut tidak kuat, namun dengan mengamalkan doa tersebut tentu tidak ada ruginya. Sebab, makna dari bacaan tersebut secara garis besar adalah memohon kebaikan seraya memuji Allah SAW.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Bukan hanya rumah sendiri, bacaan sebelum masuk rumah juga sebaiknya diucapkan ketika kamu bertamu. Berikut lafadz bacaan masuk rumah. 

"Allahumma innii as-aluka khairal mauliji, bismillahi wa lajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa 'alallahi rabbanaa tawakkalnaa".

Baca juga : Lima Doa sebelum Mencoblos Surat Suara di TPS

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal."

Ketika membaca doa masuk rumah terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Di mana keutamaan bacaan tersebut bisa kamu dapatkan ketika melafadzkannya dengan baik dan benar sesuai sunnah rasul.

Nah, ini dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membaca doa masuk rumah: 

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

1.    Baca dengan khusyuk dan tawadu
2.    Bimbing hati kamu untuk meyakini dan penuh harapan kepada Allah
3.    Lafadzkan dengan baik dan jelas
4.    Pahami dan hayati arti doa tersebut
5.    Sucikan niat saat membaca doa masuk rumah
6.    Baca dengan mengungkapkan salam kepada diri sendiri jika rumah sedang kosong, atau kepada penghuni rumah lain.

Jangan Disepelekan, Ini 5 Adab Masuk Rumah

Selain bacaan masuk rumah, sebagai umat muslim penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana adab masuk rumah yang diajarkan dalam Islam. Nah, ini dia beberapa etika atau tata cara memasuki rumah yang diajarkan oleh agama Islam, baik itu rumah sendiri maupun rumah orang lain. 

Rasa syukur, kesopanan dan kehormatan merupakan nilai-nilai yang dijunjung dalam adab Islam. Dengan menerapkan etika atau adab tersebut kamu dapat menjaga hubungan baik antara keluarga dan orang lain. 

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya, Amalkan Setiap Hari ini Manfaatnya

Meski sering disepelekan, ini dia beberapa adab masuk rumah yang perlu dipahami. 

1. Memberi Salam

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum masuk rumah adalah memberi salam pada penghuni rumah. Namun jika tempat tinggal tersebut dalam keadaan kosong kamu bisa memberi salam kepada diri sendiri. Salam merupakan tanda kebaikan dan kesopanan yang diajarkan dalam agama Islam. 

Baca juga : 4 Doa Nabi Daud a.s. dan Artinya, Salah Satunya untuk Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai

2. Membaca Doa Masuk Rumah

Setelah membaca salam disunahkan membaca doa masuk rumah sebagai bentuk rasa syukur atas perlindungan yang dilimpahkan oleh Allah SAW. Jadi, penting bagi kamu untuk membaca doa masuk rumah yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya agar mendapatkan rahmat dan perlindungan dari Allah. 

3. Masuk dengan Kaki Kanan Terlebih Dahulu

Baca juga : Niat Sholat Jenazah Lengkap dari Bacaan Hingga Tata Caranya

Islam selalu mengajarkan untuk melangkah dengan kaki kanan terlebih ketika menuju tempat yang baik, termasuk rumah. Nabi Muhammad SAW pun telah mencontohkan kebiasaan ini, sehingga pahala bagi kita jika mengikuti tuntunan kekasih Allah.

4. Menjaga Pembicaraan

Ketika sedang berada di rumah orang lain, pastikan untuk selalu menjaga pembicaraan. Jangan pernah membicarakan hal-hal yang tidak baik atau tidak pantas. Mengapa demikian? Pasalnya, suatu ucapan atau pembicaraan dapat dengan mudah menimbulkan ketidaknyamanan pada diri orang lain. Sehingga sangat dianjurkan untuk dihindari.

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

5. Meminta Izin

Saat bertamu ke rumah orang lain, kamu wajib meminta izin terlebih dahulu sebelum masuk. Meminta izin merupakan bentuk rasa hormat dan kesopanan kepada pemilik rumah. Masuk dengan sopan bila diizinkan dan pula segera tanpa memaksa jika tidak diberi izin.

Keutamaan Membaca Doa Masuk Rumah

Meski terkesan sederhana namun ternyata membaca doa masuk rumah juga termasuk salah satu tindakan yang memiliki keutamaan luar biasa. 

Baca juga : Niat Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap Berjamaah dan Sendiri Beserta Tata Caranya

Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam agama Islam, mengamalkan doa masuk rumah tidak hanya sekedar menjadi tanda kesopanan saja namun juga membawa keberkahan dan perlindungan. Ini dia beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan jika mengamalkannya. 

1. Terlindung dari Gangguan Setan

Dalam doa ini, kamu memohon kepada Allah untuk melindungi rumah dan penghuninya dari segala bentuk bahaya dan gangguan. Dengan membaca doa masuk rumah secara rutin, kamu memperoleh perlindungan dari Allah SWT yang akan menjaga keamanan dan kesejahteraan rumah.

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Nisfu Sya'ban, Berjamaah Maupun Sendirian Beserta Tata Caranya

Dengan kata lain, ketika kamu membaca bacaan artinya kamu sedang meminta perlindungan dari Allah terhadap gangguan setan atau kekuatan jahat. Dengan menyebut nama Allah ketika memasuki rumah maka setan akan menjauh dan tidak mendekat lagi. Jadi rumah kamu dapat menjadi tempat yang aman dan terlindungi.

2. Keberkahan Dalam Rumah

Dengan membaca doa ini, diharapkan Allah selalu melimpahkan keberkahan pada seluruh penghuni rumah. Yaitu keberkahan dalam segala aspek kehidupan, baik ekonomi, hubungan keluarga dan lainnya. 
Lafadz doa tersebut mendorong kamu untuk meyakini bahwa keberkahan akan melimpah dalam segala urusan rumah tangga, keluarga, pekerjaan, dan sebagainya.

Baca juga : 4 Doa Mandi Wajib, Beserta Tata Cara yang Benar Sesuai Sunnah

3. Bentuk Rasa Syukur

Seperti yang disebutkan di atas, rasa syukur adalah salah satu makna mendalam yang tersirat pada doa tersebut. Dengan membaca doa ini, kamu mengakui bahwa segala sesuatu yang ada di rumah adalah anugerah dari-Nya. 

Ketika rutin membaca doa ini, secara perlahan rasa syukur dan menghargai terhadap apa yang kamu miliki akan meningkat.

Baca juga : Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 35 tentang Wasilah dan Tawasul

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dalam doa ini, setiap umat muslim mengakui bahwa rumah hanyalah tempat sementara di dunia ini, dan sebenarnya kamu adalah tamu-Nya. Dengan kesadaran ini, umat muslim diingatkan untuk menjaga rumah dengan baik, mengisi waktu dengan amal yang baik, serta meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga dan tetangga.

Juga sebagai pengingat bahwa kita harus senantiasa selalu mendekatkan diri pada Allah SAW sebagai bekal di rumah yang sesungguhnya kelak.

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

5. Mendoakan Ketentraman Rumah

Membaca doa masuk rumah juga termasuk cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana tenang dan damai di dalamnya. Ternyata bacaan ini tidak hanya mempengaruhi diri sendiri sebagai penghuni rumah, namun juga orang-orang yang berkunjung. Kenyamanan pun akan dirasakan penghuni rumah maupun tamu ketika rumah selalu diisi dengan doa.

Doa masuk rumah memiliki berbagai keutamaan. Bacaan ini mengungkapkan rasa syukur, meminta perlindungan, dan memohon berkah. Doa ini juga mengingatkan kamu tentang nilai spiritual dalam menjalani kehidupan. 

Baca juga : Tafsir Al-Fatihah Ayat 5 terkait Ibadah dan Meminta Pertolongan

Jadi, dianjurkan untuk membiasakan diri membaca doa masuk rumah sebagai bentuk ibadah dan upaya menjaga keberkahan dalam rumah tangga.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat