visitaaponce.com

4 Doa Nabi Daud a.s. dan Artinya, Salah Satunya untuk Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai

4 Doa Nabi Daud a.s. dan Artinya, Salah Satunya untuk Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai
Doa Nabi Daud a.s.(freepik.com)

Ada beberapa doa Nabi Daud a.s. yang terkenal tercantum dalam Al-Qur'an.

Seperti yang kita ketahui, Nabi Daud a.s. juga dikenal sebagai seorang yang rajin berdoa kepada Allah Swt dalam berbagai situasi, baik dalam kebahagiaan maupun kesulitan. 

Nabi Daud a.s. memohon kepada Allah Swt untuk diberi kebijaksanaan serta perlindungan dalam kehidupannya. 

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

Doa-doa Beliau mengandung pengajaran dan inspirasi bagi umat Islam dalam menghadapi berbagai peristiwa dalam kehidupan.

Apa saja doa Nabi Daud a.s. yang bisa kita lantunkan? Berikut ini doa-doanya.

Doa Nabi Daud untuk Melembutkan Hati 

Salah satu mukjizat Nabi Daud a.s. adalah dapat melunakkan besi dengan tangannya sendiri. Hal tersebut menjadi inspirasi bagi umat Muslim ketika berdoa memohon kepada Allah Swt agar melembutkan hati seseorang.

Baca juga : Niat Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap Berjamaah dan Sendiri Beserta Tata Caranya

Ya, sebagaimana Nabi Daud a.s. dapat melembutkan besi yang amat keras atas izin Allah Swt, kita pun dapat merayu Allah Swt dengan kata-kata yang indah dan menyelipkan "fakta" di mana ada seorang hamba-Nya, yakni Nabi Daud a.s. mudah melunakkan besi yang keras sehingga diharapkan doa untuk melembutkan hati seseorang dikabulkan oleh Allah Swt.

Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Baca juga : Niat Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Cara dan Waktu Terbaik agar Langsung Terkabul

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid

Artinya:

"Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi."

Baca juga : Niat Sholat Idul Fitri Jamaah dan Sendirian Lengkap dengan Tata Caranya

Doa Nabi Daud untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Permintaan untuk meluluhkan hati seseorang tidak lepas dari kisah Nabi Daud a.s. 

Nabi Daud a.s. terkenal karena kegigihannya melawan raja zalim bernama Raja Jalut. Dikisahkan, raja zalim tersebut memiliki tubuh yang besar dan sangat kuat. Sedangkan, Nabi Daud a.s. mempunyai tubuh kecil dengan kekuatan yang tidak seberapa bila dibandingkan dengan Raja Jalut.

Sebelum Nabi Daud a.s. maju ke medan perang, ia selalu meminta kepada Allah Swt untuk meluluhkan hati orang tersebut agar tidak perlu adanya pertumpahan darah. Tetapi, perang tak terelakkan. Nabi Daud a.s. maju ke medan perang dan melawan Raja Jalut. Atas izin Allah Swt, Nabi Daud a.s. pun memenangkan pertempuran.

Baca juga : Doa Mandi Wajib Beserta Rukun dan Tata Cara Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad Saw

Dari kisah tersebut lah banyak orang yang berdoa agar dapat meluluhkan hati seseorang. Sehingga, doa Nabi Daud a.s. banyak digaungkan ketika ingin meluluhkan hati orang lain yang keras. Dan ini dia doanya:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Baca juga : Kumpulan Doa Bulan Rajab, Mulai dari Doa Istighfar Hingga Bacaan Tasbih

Artinya: 

"Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa a.s. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud a.s. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubu-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

Doa Nabi Daud Meminta Cinta dari Allah Swt

Walaupun nabi dan rasul sudah terjamin pasti akan dicintai oleh Allah Swt, Nabi Daud a.s. tetap berdoa agar mendapatkan cinta dari Sang Khalik. Beliau berdoa agar senantiasa diberikan rasa cinta kepada Allah Swt melebihi cintanya terhadap diri sendiri dan keluarganya.

Baca juga : Doa Niat Puasa Sunah di Bulan Rajab Sekaligus Ganti Utang Puasa Ramadan

Hal tersebut menjadi teladan bagi kita agar memanjatkan doa yang sama dengan Nabi Daud a.s. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ

Allahumma inni as-aluka hubbaka wa Hubba man yuhibbuka, wa ‘amalalladzii yuballighunii hubbaka. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa ahlii wa minal maa’il baarid

Baca juga : Tafsir Al-Baqarah Ayat 45: Minta Tolong dengan Sabar dan Salat

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu cinta-Mu, dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu, perbuatan yang dapat mengantarkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku, serta air dingin.”

Doa Nabi Daud a.s. agar Selalu Bersyukur

Bukan hanya meminta cinta Allah Swt saja, Nabi Daud a.s. juga meminta agar menjadi pribadi yang selalu bersyukur. Dengan bersyukur, kita akan melihat berkah dalam kehidupan. 

Baca juga : Kisah Nabi Yakub a.s. Lengkap dan Sejarahnya dengan Bani Israil

Sikap bersyukur membawa kebahagiaan dan kedamaian dalam hati dan mengubah pandangan kita menjadi lebih positif terhadap segala hal. Selain itu, rasa syukur juga memperkuat hubungan kita dengan Allah Swt karena kita mengakui dan menghargai segala karunia-Nya. 

Nabi Daud a.s. pun memanjatkan doa berikut ini agar selalu bersyukur terhadap nikmat yang Allah Swt berikan:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Baca juga : Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 35 tentang Wasilah dan Tawasul

Wa laqad ataina dawuda wa sulaimana 'ilma, wa qalal-hamdu lillahillazi faddalana 'ala kasirim min 'ibadihil-mu'minin.

Artinya:

"Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan, 'Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman'."

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

Membaca Al-Kautsar dan Memberi Makan Orang yang Membutuhkan

Selain membaca doa Nabi Daud a.s. untuk melembutkan hati, kita bisa mencoba 2 amalan lainnya, yakni membaca Surat Al-Kautsar dan memberi makan orang yang membutuhkan.

Surat Al-Kautsar merupakan surat yang diturunkan kepada Rasulullah Saw saat Beliau merasa sedih. Sehingga, surat Al-Kautsar menjadi surat yang berfungsi untuk menenangkan dan menghibur Nabi Muhammad Saw. Ya, setelah Rasulullah Saw menerima surat tersebut, Beliau pun tersenyum.

Hal tersebut pun menjadi keutamaan Surat Al-Kautsar, dapat menenangkan hati serta melunakkan hati yang keras. Selain itu, Surat Al-Kautsar juga dapat mengatasi rasa takut.

Baca juga : Bacaan Doa Sapu Jagat Arab, Latin, dan Arti serta Keutamaannya

Cara mengamalkannya adalah dengan membacanya 3x selepas sholat fardu atau di waktu mustajab untuk berdoa. Niscaya Allah Swt mengabulkan doa kita.

Kemudian, cara lain untuk melembutkan hati adalah memberi makan orang yang membutuhkan dan menyayangi anak yatim.

Hal ini dimaksudkan untuk melatih diri kita untuk lebih berempati dan meningkatkan rasa syukur seorang hamba atas nikmat dan karunia dari Allah Swt, sehingga dapat melunakkan hati yang keras.

Baca juga : Tafsir Al-Fatihah Ayat 5 terkait Ibadah dan Meminta Pertolongan

Namun, yang terpenting adalah selalu meminta petunjuk dari Allah Swt agar kita selalu dalam lindungan-Nya.

Demikianlah ulasan mengenai doa Nabi Daud a.s. yang bisa kita lafalkan di keseharian kita.

Dengan mengetahui doa Nabi Daud a.s., diharapkan umat Islam semakin termotivasi untuk selalu berkomunikasi kepada Allah Swt.

Baca juga : 3 Doa Berbuka Puasa yang Umum dan Boleh Dilafalkan oleh Umat Muslim, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Tidak hanya meminta sesuatu kepada Allah Swt yang menjadi keinginan kita, tetapi juga doa juga merenung, memohon ampunan, dan mengakui keagungan serta kasih sayang-Nya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sabrina Alisa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat