visitaaponce.com

Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin, dan Arti Sesuai Anjuran Nabi Muhammad Saw

Doa Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin, dan Arti Sesuai Anjuran Nabi Muhammad Saw
rawpixels.com(Doa Sholat Tahajud)

Ada bacaan doa sholat tahajud lengkap dengan Arab, Latin, dan artinya. 

Doa sholat tahajud menjadi penyempurna sholat sunnah itu sendiri dan diharapkan apa yang dipanjatkan dapat segera dikabulkan oleh Allah Swt.

Seperti yang kita ketahui, sholat tahajud memiliki kedudukan istimewa di mata Allah Swt setelah sholat fardu. 

Baca juga : 3 Doa Berhubungan Suami-Istri, Sebelum dan Sesudahnya

Sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari ini juga menjadi sholat sunnah yang paling dianjurkan Rasulullah Saw untuk dikerjakan.

Hal ini dikarenakan banyaknya keberkahan serta rahmat dari Allah Swt bagi siapapun yang mendirikan sholat tahajud.

Kita bisa menutup sholat tahajud dengan bacaan doa. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai doa sholat tahajud serta manfaatnya. Simak ya.

Baca juga : Niat Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap Berjamaah dan Sendiri Beserta Tata Caranya

Baca juga: Niat Puasa Senin Kamis Beserta Keutamaan dan Manfaatnya

Doa Sholat Tahajud

Selepas sholat tahajud ada doa yang dianjurkan untuk dibaca. Doa ini bahkan dibaca oleh Nabi Muhammad Saw.

Berikut ini doa sholat tahajud yang sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw sebagaimana yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim: 

Baca juga : Doa Mandi Wajib Beserta Rukun dan Tata Cara Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad Saw

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq. 

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh. 
 
Artinya:

Baca juga : Kumpulan Doa Nabi Sulaiman dari Meminta Kekayaan Hingga Meluluhkan Hati Seseorang

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. 
 
Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Baca juga: Niat Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap Berjamaah dan Sendiri Beserta Tata Caranya

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud sama dengan sholat lainnya. Sholat tahajud didirikan sekurang-kurangnya dua rakaat, dilanjutkan dengan witir sebagaimana Rasulullah Saw mengerjakannya.

Baca juga : Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 35 tentang Wasilah dan Tawasul

Berikut tata cara sholat tahajud

1. Membaca niat sholat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Baca juga : Bacaan Ratib Al-Athos Arab, Latin, Arti, serta Keutamaannya

Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Baca juga : Tafsir Al-Fatihah Ayat 5 terkait Ibadah dan Meminta Pertolongan

2. Melakukan takbiratul ihram dan seterusnya sampai salam setelah dua rakaat.

Tidak ada surat khusus yang dibacakan dalam sholat tahajud, namun sebagian ulama berpendapat dianjurkan untuk membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

3. Membaca dzikir dan doa sholat tahajud setelah selesai menunaikan sholat sunnahnya.

Baca juga : Pengertian Husnuzan Kepada Allah dan Hukumnya Menurut Islam

Dzikir setelah sholat tahajud meliputi bacaan tasbih (33x), tahmid (33x), takbir (33x), dan tahlil (33x), yang kemudian diteruskan dengan membaca Ayat Kursi, lalu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Setelahnya, baru membaca doa sholat tahajud.

Baca juga: Niat Puasa Ganti Ramadhan Beserta Hukumnya dan Waktu Terlarang

Waktu Terbaik untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Kendati demikian, ada 3 pembagian waktu sholat tahajud oleh beberapa ulama, yakni sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Sikap Tawadhu dalam Islam serta Contohnya

- Sangat utama: ⅓ malam pertama (bada Isya - pukul 22.00)

- Lebih utama: ⅓ malam kedua (pukul 22.000 - 01.00)

- Paling utama: ⅓ malam terakhir (pukul 01.00 - Sebelum masuk waktu Subuh)

Baca juga : Arti Tafakur, Jenis, Cara, dan Manfaatnya untuk Umat Islam

Sehingga, diperbolehkan mendirikan sholat tahajud pada 3 bagian waktu tersebut. Dengan catatan, sholat tahajud harus dilakukan setelah tidur. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu walau sebentar jika ingin sholat tahajud.

Sebagaimana menurut pendapat ulama, Syekh Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi berikut ini seperti yang dikutip dari jatim.nu.or.id:

"Dan sunah melaksanakan shalat tahajud, yaitu shalat sunah setelah tidur. Penjelasan dari frasa (setelah tidur): walaupun tidur sebentar dan tidurnya dilakukan sebelum shalat Isya, tapi shalat tahajjud tetap dilakukan setelah shalat Isya. Oleh sebab itulah shalat ini disebut shalat tahajud (tahajud: tidur di waktu malam) dan inilah pendapat yang mu’tamad atau kuat." (Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar al-Bujairomi, Hasyiyatul Bujairomi ala Syarhil Minhaj, Mathba’ah Al-Halabi, 1369 H., hal. 286 Juz 1).

Baca juga : Doa Pembuka Rezeki Agar Dilancarkan dan Berlimpah

Kemudian, ada pertanyaan lagi, yakni bolehkah menunda sholat Isya agar dikerjakan berdekatan dengan waktu sholat tahajud?

Menurut Buya Yahya pada salah satu kajiannya menyebutkan bahwa tindakan menunda sholat isya agar dapat sholat tahajud di sepertiga malam merupakan bisikan syaitan yang menyebabkan rasa malas dan rasa memiliki waktu. Oleh karena itu, menunda sholat isya agar berbarengan dengan sholat tahajud tidak baik dilakukan dan jangan dijadikan kebiasaan.

Namun, berbeda hukumnya bila tidak sengaja ketiduran dan belum sholat isya. Saat terbangun, langsung menyegerakan sholat isya dan kemudian dilanjut dengan sholat tahajud diperbolehkan.

Baca juga : Larangan Buka Puasa Bersama Bentuk Intervensi Pemerintah

Bagaimana dengan sholat tahajud yang dilakukan mendekati waktu Subuh?

Menurut Buya Yahya, selagi belum memasuki waktu Subuh, maka masih diperbolehkan untuk sholat tahajud. Batas waktu yang disepakati oleh sebagian besar ulama adalah 10 menut sebelum waktu sholat Subuh. 

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Nisfu Sya'ban, Berjamaah Maupun Sendirian Beserta Tata Caranya

Baca juga : Doa-Doa yang Dipanjatkan saat Ramadan Hari Ke-1 sampai 30

Manfaat Sholat Tahajud

1. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah Swt

Menunaikan ibadah, seperti sholat tahajud tentu menjadi cara untuk memperkuat hubungan kita dengan Sang Pencipta. Hal tersebut pastinya akan membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah Swt.

Selain dekat dengan Allah Swt, sholat tahajud juga dapat memperkuat iman dan takwa kita sehingga kualitas hidup kita pun akan menjadi lebih baik.

Baca juga : Waktu Terbaik Salat Tahajud agar Doa Dikabulkan

2. Dikenal Sebagai Orang yang Spesial di Mata Allah Swt

Menunaikan sholat tahajud menjadi "tantangan" tersendiri bagi siapapun. Hal ini dikarenakan sholat yang dilakukan pada dini hari dan banyak orang yang merasa kesulitan untuk bangun malam dan melawan rasa malasnya. 
Sehingga, apabila kita berhasil mengerjakan sholat tahajud, Allah Swt pun akan mengenal kita sebagai orang yang spesial. Terlebih, ketika mengerjakan sholat tahajud secara rutin. Allah Swt pun akan menjamin hidup hamba-Nya tersebut dari segi keamanan hingga mendapat keberkahan yang tak terbatas.

3. Menghilangkan Rasa Malas

Baca juga : Amalan Ibadah Bulan Ramadan saat Haid

Waktu terbaik untuk sholat tahajud adalah pada waktu sepertiga malam. Tentu, bagi sebagian orang akan merasa berat untuk melakukannya. Kendati demikian, banyaknya pahala dan keberkahan dalam sholat tahajud membuat kita mampu menghilangkan rasa malas tersebut.

Terlebih, ketika semakin rajin mengerjakannya, tubuh dan pikiran kita sudah terbiasa dan ini akan membuat kita lebih rajin dalam melakukan segala aktivitas, baik beribadah ataupun ibadah lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Baca juga : Amalan Terbaik di Bulan Ramadan yang Pernah Dilakukan Rasul

Ibadah seperti sholat tahajud tidak hanya memberikan manfaat yang baik untuk sisi spiritual kita saja, tetapi juga bisa menjaga kesehatan fisik. Seperti hadis di bawah ini,

“Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih di hadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh” (HR Tirmidzi).

5. Membawa ke Husnul Khotimah

Baca juga : Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya serta Arti

Salah satu keinginan setiap umat yang beriman adalah meninggal dunia dengan husnul khotimah, yakni memiliki arti akhir yang baik.

Sholat tahajud bisa menjadi salah satu cara untuk membawa kita kepada akhir yang baik. Dengan sholat tahajud, kita akan selalu ingat kepada Allah Swt dan diharapkan kita menjadi orang yang lebih baik. Sehingga, hal tersebut akan menjadi nilai di mata Allah Swt. 

6. Doa yang Lebih Cepat Diijabah

Baca juga : Antusias Ibadah Umrah Bangkit, Takzia Travel Buka Kantor Perwakilan di Ciamis

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud berada di waktu terbaik untuk berdoa, yakni pada sepertiga malam.

Di mana waktu tersebut menjadi waktu untuk Allah Swt untuk turun ke surga terendah dan akan memberikan apapun terhadap hamba-Nya yang meminta. 

Sehingga, ada kemungkinan doa-doa yang kita panjatkan lebih cepat diijabah oleh Allah Swt.  

Baca juga : Kini Travel Umrah Layani Jamaah Lansia dan Disabilitas dengan Ramah 

7. Menjaga dari Gangguan Setan dan Marabahaya

Sholat tahajud bisa menjaga kita dari gangguan setan dan marabahaya yang mengintai. Biasanya, malam sering kali dianggap sebagai waktu yang berbahaya. Tentu, dengan memperbanyak ibadah, diharapkan kita mendapat perlindungan dari Allah Swt.

 Baca juga : Niat Sholat Hajat Lengkap Beserta Tata Cara dan Waktu Terbaik agar Langsung Terkabul

Baca juga : 13 Rukun Shalat sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Itu dia penjelasan lengkap mengenai doa sholat tahajud.

Selain doa sesuai anjuran Nabi Muhammad Saw, kita juga bisa memanjatkan doa yang bersifat pribadi kepada Allah Swt pada waktu tahajud.

Rasulullah Saw sendiri juga mendorong umat Islam untuk "berbicara" dengan Allah Swt mengenai keinginan dan harapannya.

Baca juga : Tingkatkan Ibadah Ramadan, Baznas Gelar Program Khataman Alquran Nasional

Oleh karena itu, disarankan untuk terus berkomunikasi dengan Allah Swt melalui sholat tahajud dan selalu berpikiran positif terhadap Allah Swt bahwa semua doa yang kita panjatkan akan terkabul. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sabrina Alisa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat