visitaaponce.com

Hati-Hati Gunakan Cotton Bud untuk Bersihkan Telinga, Ini Alasannya

Hati-Hati Gunakan Cotton Bud untuk Bersihkan Telinga, Ini Alasannya 
Dokter spesialis THT RS Pondok Indah Ashadi Budi menjelaskan mengenai cotton bud(MI/Lutfi Sheykal)

BENDA kecil berujung kapas yang umumnya dikenal sebagai cotton bud, sering digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk membersihkan telinga. Namun demikian, penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya dapat menjadi penyebab gangguan telinga.

Menurut penjelasan dari Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher Rumah Sakit Pondok Indah Ashadi Budi, telinga memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri dari kotoran.

“Kotoran sebetulnya tidak usah diapa-apain. Di sini (telinga) adanya ear wax alami, adanya kuning. Normalnya telinga kuning,” jelasnya. Jakarta (28/2).

Baca juga : Anak dengan Mikrotia harus Diberi Penjelasan sebelum Jalani Operasi

Ashadi menjelaskan, kotoran telinga sebetulnya akan keluar dengan sendirinya melalui mekanisme alami tubuh. Ketika terjadi pergerakan otot wajah, cairan yang terdapat pada kulit telinga akan membantu mengeluarkan kotoran. Kehadiran warna kuning pada telinga adalah hal yang alami, karena cairan tersebut membantu dalam proses pengeluaran kotoran.

Selain itu, dokter spesialis tersebut menegaskan, cotton bud seharusnya hanya digunakan untuk membersihkan bagian luar telinga. Penjelasan ini sesuai dengan keterangan yang biasanya tertera pada kemasan cotton bud, yang menyatakan bahwa alat tersebut hanya diperuntukkan untuk membersihkan bagian luar telinga dan bukan untuk membersihkan telinga secara dalam.

“Ini loh, jangan masukkan ke dalam saluran telinga, luar telinga, bukan saya yang bilang ya, cutton budnya yang bilang. Penciptanya sudah bilang,” ucap Ashadi.

Baca juga : 5 Fakta Radang Amandel yang Ternyata Menular

Ashadi menjelaskan tiga langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan telinga secara alami. Pertama, adalah dengan tidak memasukkan apapun ke dalam telinga agar proses pembersihan alami (self clean) tetap berjalan. 

Kedua, membersihkan daun telinga dan sekitar lubang telinga dengan handuk saat mandi sudah cukup untuk menjaga kebersihan. Ketiga, jika seseorang merasa adanya gangguan yang signifikan pada telinga, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut.

Langkah-langkah ini mencerminkan pendekatan yang lebih aman dan alami dalam menjaga kebersihan telinga, serta menekankan pentingnya berkonsultasi dengan profesional medis jika ada masalah atau gangguan yang dirasakan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat