visitaaponce.com

Ini Beberapa Opsi Sumber Karbohidrat

Ini Beberapa Opsi Sumber Karbohidrat
Ilustrasi(Freepik)

AHLI gizi lulusan Universitas Indonesia Luciana Sutanto membagikan sumber-sumber karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai opsi pada masa harga beras naik.

Dalam pesan singkat, yang dikutip Rabu (6/3), Luciana menyampaikan bahan makanan alternatif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat seperti talas, ubi, singkong, sagu, kentang, serta makanan olahan seperti bihun, mi, biskuit, roti, dan makaroni.

Bahan-bahan makanan sumber karbohidrat tersebut, menurut dia, bisa diolah sesuai selera untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca juga : Ini Tips Turun Berat Badan Saat Puasa Ramadan 

"Bisa dicampur dengan makanan lain, misalnya protein, sayur, bahkan dengan buah," kata Luciana, sembari menambahkan beberapa makanan sumber karbohidrat juga dapat dipadukan, seperti mi dan kentang.

Ia menjelaskan proporsi makanan pokok sumber karbohidrat saat makan pagi, siang, dan malam, idealnya sepertiga bagian dari piring makan.

"Komposisi makanan yang lain adalah sayur sepertiga, lauk seperenam, dan buah seperenam piring," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Mitra Keluarga itu.

Baca juga : HUT ke-5, Perempuan Jenggala Gelar Bakti Sosial dan Kesehatan 

Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat ada dua jenis, karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana lebih mudah dicerna dan merangsang produksi hormon insulin lebih banyak sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sedangkan karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara perlahan dan dapat memberikan energi secara bertahap. Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, gandum utuh, dan biji-bijian. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat