visitaaponce.com

Mensesneg Pratikno dan PHDI Gelar Persiapan Peringatan Hari Raya Nyepi 2024

Mensesneg Pratikno dan PHDI Gelar Persiapan Peringatan Hari Raya Nyepi 2024
Persiapan Hari Raya Nyepi 2024(Ilustrasi)

PENGURUS Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama dengan Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024 mengadakan pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno, yang didampingi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Jakarta, pada hari Kamis.

Ketua Pengurus Harian (PH) PHDI Pusat, Wisnu Bawa Tenaya, menyatakan bahwa mereka hadir untuk menyampaikan rangkaian acara perayaan Nyepi Tahun Caka 1946/2024 Masehi. Wisnu berharap agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menghadiri perayaan puncak rangkaian Hari Suci Nyepi pada tanggal 25 April.

Pratikno merespons positif terhadap kegiatan tahunan terbesar umat Hindu tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk mendukung serta mengkoordinasikan harapan dari panitia Perayaan Nyepi Nasional PHDI Pusat.

Baca juga : Peringati Nyepi, Prambanan akan Ditutup untuk Kunjungan

"Terkait dengan acara tersebut, saya sudah barang tentu sangat mengapresiasi dan mendukung. Terkait dengan harapan panitia, saya sudah catat dan nanti saya akan bantu koordinasikan," ujar Pratikno seperti dikutip dari Antara.

Ketua Panitia Perayaan Nyepi Nasional Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia, juga menyampaikan rangkaian acara yang telah berlangsung, termasuk Makerti Ayuning Segara dan Melasti pada 2-3 Maret lalu. Dia menjelaskan bahwa pada 10 Maret 2024, akan dilaksanakan Tawur Agung di Prambanan, serta beberapa kegiatan lain seperti penanaman pohon, diskusi kajian Candi Prambanan, bakti sosial, Saka Yoga Festival di Candi Kedulan, donor darah, dan puncak perayaan Nyepi yaitu Simakrama Nasional atau Dharma Shanti Nasional di Jakarta.

Sekretaris Umum (Sekum) PHDI Pusat I Ketut Budiasa, turut menyampaikan rencana kegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), pembangunan Pura IKN, dan partisipasi PHDI Pusat bersama Ormas Hindu Nasional dalam mendukung gelaran Pemilu 2024.

Pertemuan ini dihadiri oleh Sekretaris Panitia Dharma Shanti Nasional Mangku Astono Candra Dana, Wakil Ketua Panitia Dharma Shanti Nasional Gede Narayana, serta anggota panitia lainnya. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat