visitaaponce.com

Peringati Hari Musik Nasional, Kemendikbudristek Ziarah ke Makam WR Soepratman

Peringati Hari Musik Nasional, Kemendikbudristek Ziarah ke Makam WR Soepratman
Ilustrasi.(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

DALAM rangka memperingati Hari Musik Nasional pada 9 Maret, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan beberapa acara. Dengan tema ‘Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia’, serangkaian acara tersebut difokuskan di Jakarta dan Surabaya.

Dilansir dari laman resmi kemdikbud.go.id, pada Sabtu (9/3), Kemendikbudristek menyelenggarakan konser ‘Musik untuk Semua’ bersama musisi terkemuka Dwiki Dharmawan di Auditorium LPP RRI, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Konser disiarkan secara luring dan daring. Menggandeng Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPRI), ‘Musik untuk Semua’ juga bisa dinikmati di 36 kafe dan restoran di berbagai provinsi. 

Baca juga : Hari Musik Diambil dari Tanggal Lahir Wage Rudolf Soepratman, Seperti Apa Sosoknya?

Sementara itu, di Surabaya ada Diskusi Musik Kebangsaan di Pendopo Taman Budaya Jawa Timur yang dihadiri Kemendikbudristek, budayawan Hilmar Farid, pengamat musik Joko S Gombloh, dan beberapa ketua komunitas musik Indonesia lainnya. 

Tak hanya diskusi, Kemendikbudristek juga memiliki acara lain di hari yang sama, yakni ziarah ke makam pencpipta lagu kebangsaan Indonesia Raya WR Soepratman. Ziarah akan diikuti oleh perwakilan pemerintah daerah, pelajar, dan musisi. 

Selain menyelenggarakan konser, Kemendikbudristek juga akan menggelar peluncuran Mini Konser Kita Cinta Lagu Anak (KILA) di Taman Budaya Jawa Timur, Surabaya. Acara diisi oleh penampilan para peserta KILA. 

Baca juga : Dari Symphonesia Hingga Smusik, Ini Rangkaian Acara Hari Musik Nasional 2023

Menurut Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, Hari Musik Nasional 2024 merupakan wujud penghargaan kepada seluruh musisi Tanah Air yang terus berkontribusi melalui karya bagi pemajuan kebudayaan Indonesia. 

Dia juga mengatakan bahwa Hari Musik Nasional penting untuk diperingati sekaligus dirayakan sebagai pengingat terciptanya kemajuan ekosistem musik Indonesia.

“Selama empat tahun terakhir, Kemendikbudristek mencatat berbagai capaian penguatan ekosistem musik nasional yang diupayakan bersama para musisi komunitas musik melalui berbagai kebijakan dan program,” kata Mahendra. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat