visitaaponce.com

Hindari TPPO, Pemerintah akan Evaluasi Program Magang Mahasiswa di Luar Negeri

Hindari TPPO, Pemerintah akan Evaluasi Program Magang Mahasiswa di Luar Negeri
Ilustrasi korban TPPO(Dok Kemenlu)

DEPUTI Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK warsito menjelaskan bahwa kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok program magang (ferienjob) yang dialami para mahasiswa Indonesia di Jerman akan dilakukan evaluasi sesuai peraturan yang ada.

"Sebenarnya saya akan menjawab ini setelah kami rapat di hari Rabu (3/4). Tetapi secara khusus bahwa atas kejadian ini tentu akan dievaluasi sesuai regulasi yang ada," kata Warsito dalam diskusi di Jakarta Pusat, Senin (1/4).

Namun, evaluasi tersebut jangan sampai membuat jera baik institusi pendidikan tingginya maupun mahasiswa pelajar untuk kemudian memberikan program magang ke luar negeri.

Baca juga : Bareskrim Polri Masih Selidiki Keuntungan Agen TPPO 1.047 Mahasiswa ke Jerman

Sehingga semangat untuk mendapatkan pengalaman tetap harus didorong dengan regulasi yang yang bisa diberikan agar benar-benar tujuan dari dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tercapai dengan baik.

"Semangat kita sejatinya sama, bahwa bagaimana magang menjadi sesuatu yang sangat diperlukan oleh mahasiswa maupun pelajar untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Tidak hanya kompetensi keterampilan, tapi juga soft skillnya," ujar dia.

Kemudian kedisiplinannya dan ketekunannya tetap diperlukan oleh mahasiswa atau pelajar. Magang pada dasarnya sangat penting apalagi di luar negeri agar habit nya bisa diadopsi dan diterapkan di dalam negeri.

Selain itu tujuan pengalaman yang sangat positif magang di luar negeri. Sehingga pendekatannya adalah bagaimana regulasi-regulasi yang mungkin diperlukan, tentu akan menjadi kajian.

"Bahkan kami sendiri di minggu ini juga akan mengadakan rapat koordinasi dengan teman-teman Kemdikbudristek, Kemnaker, kemudian juga BP2MI, dan teman-teman dari Kementerian Luar Negeri juga lagi mempersiapkan nanti di pekan ini," pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat