visitaaponce.com

DBD Meningkat, Tempat Tidur di Rumah Sakit masih Aman

DBD Meningkat, Tempat Tidur di Rumah Sakit masih Aman
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah.(Dok MI)

KEMENTERIAN Kesehatan menyatakan bahwa saat ini tingkat kecukupan tempat tidur di rumah sakit dengan kasus demam berdarah yang tinggi mengalami peningkatan. Namun demikian, jumlahnya dikatakan masih terpantau aman.

"Saat ini tingkat kecukupan tempat tidur di rumah sakit di beberapa kabupaten/kota yang kasus DBD tinggi terpantau ada peningkatan tetapi masih dalam taraf bisa menampung penderita DBD," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi kepada Media Indonesia, Selasa (2/4).
Saat ini hal yang perlu diwaspadai ialah gejala dan tanda DBD tidak seperti dulu lagi alias manifestasinya bisa bermacam-macam.

Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa virus dengue atau penyakit DBD yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti cukup unik dan terbagi menjadi empat serotypes (jenis) yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Seseorang yang sebelumnya terkena DBD oleh salah satu serotypes mungkin sudah mendapat kekebalan atau imunitas, tetapi ketika terjangkit virus DBD serotypes yang lain akan mengalami gejala DBD kembali. 

Baca juga : Kasus DBD Naik Dua Kali Lipat dari Tahun Lalu

Bahkan jika imunitasnya menurun, gejala akan lebih berat dari sebelumnya. Imran menekankan bahwa risiko inilah yang perlu dimitigasi dan membutuhkan pemberian vaksinasi, meskipun saat ini masih berbayar.

"Ini yang perlu kita mitigasi tentang perlunya cek antigen NS1 sebagai marker infeksi virus dengue pada tubuh. Memang vaksinnya belum program (vaksinasi nasional), jadi masih bayar sendiri," ujar Imran.

Ke depan, dia tidak menampik bahwa nanti vaksinasi DBD dapat masuk program vaksinasi nasional, tentu dengan beberapa syarat yang berlaku. "Kemungkinan tetap ada (vaksin DBD jadi program vaksinasi nasional), tetapi disesuaikan prioritas," tuturnya.

Selain itu, Imran meminta masyarakat tetap melakukan langkah preventif dengan memperkuat pemberantasan sarang nyamuk, memperkuat gerakan 3 M, dan juru pantau jentik setiap rumah. Masyarakat juga diharapkan mampu memperluas lokasi intervensi teknologi nyamuk berWolbachia dan paling penting melakukan peningkatan daya tahan tubuh serta terakhir melakukan vaksinasi dengue. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat