visitaaponce.com

Mensos Tri Rismaharini Jelaskan Program Pena kepada Direktur OECD

Mensos Tri Rismaharini Jelaskan Program Pena kepada Direktur OECD
Mensos Tri Rismaharini menjelaskan program Pena kepada para petinggi OECD.(Kemensos)

Dalam Forum Infrastruktur Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) di Prancis, setelah menjadi pembicara pertama di sesi Plenary dan sesi Diskusi, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengadakan pertemuan bilateral dengan Direktur Pusat Pengembangan OECD Ragnheidur Elin Arnadottir (Ragga) serta Direktur Urusan Tenaga Kerja dan Sosial OECD Stefano Scarpetta.

Dalam pertemuan tersebut berlangsung selama lebih dari satu jam itu, Risma memaparkan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Pena) yang menurutnya efektif dalam menekan angkan kemiskinan.

Sejak dimulai pada akhir 2022, Pena telah menggraduasi 21.333 keluarga keluar dari kemiskinan yang artinya mereka tidak lagi menjadi penerima bantuan sosial (bansos).

Baca juga : Kemensos Upayakan Masyarakat Miskin Lepas dari Bansos

“Mereka yang keluar dari kemiskinan termasuk lebih dari 3.500 keluarga dari penyandang disabilitas,” ujar Risma melalui keterangan resmi, Sabtu (13/4).

Sementara, Ragga menyampaikan konteks mengubah pendekatan pemberian bantuan sosial menjadi pemberdayaan, pasti tidak mudah bagi Indonesia karena harus mentransformasikan pola pikir. Namun, menurutnya itu sangat menarik dan bisa dilakukan dengan baik. Dia juga menyebut Indonesia akan mempunyai banyak sekutu untuk meningkatkan skala penanganan masalah seperti pemberdayaan Pena dan contoh-contoh penanganan terbaik yang dapat diterapkan dalam konteks keindonesiaan. Bahkan, pengalaman Indonesia ini, bisa menjadi contoh bagi anggota-anggota OECD.

Mengakhiri aktivitasnya di OECD, Risma memberikan cindera mata untuk Stefano serta Ragga dan staf. Ragga juga menyampaikan akan segera menyelenggarakan aktivitas bersama di Bali, Indonesia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat