visitaaponce.com

Waspada Tsunami Sampai Erupsi Gunung Ruang Selesai

Waspada Tsunami Sampai Erupsi Gunung Ruang Selesai
BMKG meminta masyarakat disekitar Gunung Ruang, Sulawesi Selatan waspada potensi tsunami.(Metro TV)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang, Sulawesi Selatan, masih harus mewaspadai adanya potensi tsunami sampai erupsi dinyatakan selesai.

"Saat ini sedang reda (dari potensi bahaya tsunami). Tapi kewaspadaan masih perlu dilakukan sampai erupsi selesai," kata Kepala Pusat Tsunami dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, Kamis (18/4).

Adapun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan berdasarkan analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari data visual dan instrumental, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikan dari level III (siaga) ke level IV (awas), terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 WITA.

Daryono melanjutkan, erupsi yang terjadi di Gunung Ruang, Sulawesi Utara, patut diwaspadai. Pasalnya, menurut catatan sejarah, erupsi yang terjadi di Gunung Ruang memiliki dampak tsunami.

"Peristiwa tsunami Gunung Ruang tahun 1871 setinggi 25 meter menewaskan sekitar 400 orang. Saat itu diperkirakan sumber tsunami adanya deformasi di tubuh gunung yang membangkitkan tsunami," kata dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat